Curug Arga, Bermula dari Ceritera Seorang Penggembala

Editor :
Curug Arga bermula dari ceritera seorang penggembala./visi.news/ayi kuraesin

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Anton Raksadiwangsa, Kepala Desa Sundakerta, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, berhasil mengungkap wisata Curug Arga yang menyimpan misteri.

Upaya yang dilakukan pihak desa bersama masyarakat berhasil menelusuri keberadaan air terjun yang kemudian diberi nama Curug Arga.

Bermodal ceritera yang disampaikan turun-temurun bahwa konon jaman baheula di wilayah Sundakerta hidup seorang lelaki sebagai pengembala kerbau. Lelaki itu bernama Arga.

“Di sela-sela kegiatan mengembala, Arga kerap mandi di curug (air terjun, red.) yang curam tersebut dan menjadi kesehariannya,” ceritera Anton kepada VISI.NEWS di lokasi curug, Minggu (19/7).

Penasaran dengan cerita itu apakah benar ada curug atau tidak, kata Anton, kemudian masyarakat bersama aparat desa melakukan penelusuran keberadaan curug di sekitar hutan Sundakerta.

“Lama melakukan penelusuran, barulah membuahkan hasil. Curug dengan ketinggian 15 meter yang diapit dua tebing cadas terjal akhirnya ditemukan di tengah hutan,” ungkap Anton.

Dikatakan, dengan ditemukannya Curug Arga satu tahun lalu, menjadikannya sebagai aset desa untuk dijadikan destinasi wisata alam terbuka.

“Ini artinya akan mendatangkan pendapatan, baik Pendapatan Asli Daerah (PAD) desa juga bagi kesejahteraan warga,” ungkap Kades Anton.

Langkah persiapan pun, kata sang kades, terus dilakukan, yakni dengan membangun sarana dan prasarana pendukung objek wisata.

Sementara itu, lokasi Curug Arga berada tidak jauh di antara Curug Badak dan Batu Hanoman. Jarak tempuhnya 1,5 km dari Curug Badak dengan waktu tempuh 10 menit berjalan kaki.

“Sebelum memasuki lokasi, sepanjang jalan terlihat pemandangan nan indah serta suguhan pohon pinus,” tambahnya lagi.@ayi kuresin

Baca Juga :  Kapolda Jabar Resmikan Gedung 96 Di Polresta Bandung

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Supardi Pilih Bermain Futssal untuk Pertahankan Kebugaran

Sel Jul 21 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kapten Persib Bandung¬†Supardi Nasir memilki cara tersendiri¬†untuk menjaga kondisi kebugaran. Pemain bernomor punggung 22 ini mengaku rutin bermain futsal sebagai menu tambahan¬†latihan mandiri di rumah. Supardi biasa melakukan kegiatan futsal bersama saudara dan teman-temannya di sekitar tempat tinggalnya di Pekanbaru, Riau. Ia memilih futsal untuk menjaga sentuhan […]