Daftar Bantuan Sosial Pemerintah yang Cair Juli Ini

Editor Pemerintah bakal mencairkan banyak bansos demi membantu menghadapi tekanan ekonomi akibat PPKM darurat pada Juli ini. Ilustrasi./cnn indonesia/bisma septalisma/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah mempercepat penyaluran berbagai bantuan sosial (bansos) pada Juli 2021. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang menghadapi tekanan ekonomi akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat 3 Juli-20 Juli 2021.

Lantas, apa saja bantuan yang diberikan pemerintah pada Juli 2021?

1. Program Keluarga Harapan (PKH)
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan penyaluran PKH akan diberikan tiga bulan sekaligus pada Juli 2021. Dana yang dialokasikan untuk PKH sebesar Rp 28,31 triliun sepanjang tahun ini.

Pemerintah memberikan bantuan PKH untuk masyarakat rentan sesuai dengan indeks bantuan atau kebutuhan. Untuk keluarga yang memiliki anak usia dini dan ibu hamil, dana yang diberikan sebesar Rp 3 juta, Rp 900 ribu untuk kategori pendidikan anak SD.

Kemudian, Rp1,5 juta untuk pendidikan anak SMP, Rp 2 juta untuk pendidikan anak SMA, serta penyandang disabilitas dan lansia Rp 2,4 juta.

2. Diskon Listrik

Pemerintah memperpanjang diskon listrik untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA. Hal ini berlaku hingga September 2021 mendatang.

Stimulus diberikan untuk 32,6 juta pelanggan PT PLN (Persero). Hanya saja, diskon yang diberikan lebih kecil dari sebelumnya.

Pelanggan 450 VA hanya diberikan diskon 50 persen dari tagihan, sedangkan sebelumnya digratiskan. Lalu, diskon pelanggan 900 VA turun dari 50 persen menjadi 25 persen dari tagihan.

3. Bansos Sosial Tunai (BST)

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya telah menyiapkan bantuan tunai sebesar Rp 300 ribu per penerima. Bantuan akan digelontorkan di tengah PPKM darurat diterapkan.

BST merupakan program bansos yang sempat dihentikan pada April 2021 lalu. Bansos rencananya akan disalurkan mulai pekan ini.

Bansos tunai akan diberikan ke 10 juta penerima. Penyaluran akan dilakukan melalui kantor pos seperti sebelumnya.

Baca Juga :  Penonton Tak Boleh Joget, Seniman di Indramayu Diizinkan "Manggung" hingga Tengah Malam

4. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT akan diberikan kepada 18,8 juta penerima. Pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan kepada penerima.

Bantuan disalurkan melalui akun elektronik untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kebutuhan untuk Pasien Covid-19 Harus Terbebas dari Kepentingan Bisnis

Sel Jul 6 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Anggota Komisi IX DPR RI Dewi Asmara menegaskan agar persoalan obat, oksigen, dan ventilator harus terbebas dari kepentingan bisnis. Hal ini menyusul tingginya harganya obat serta tabung oksigen karena adanya kelangkaan pasokan karena peningkatan permintaan di masyarakat di tengah pandemi ini. “Yang kami pertanyakan adalah di mana […]