Dakwah Islam Harus Beradaptasi dengan Media Digital Baru

Editor Ketua MUI bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis./via mui.or.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Perkembangan teknologi saat ini dirasakan hampir di seluruh dunia. Perkembangannya yang begitu pesat menuntut manusia untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan tepat.

Hal tersebut juga dirasakan oleh Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia. Ketua MUI bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis, menegaskan bahwa dakwah pada saat ini harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada.

“Saat ini, kecenderungan orang belajar tidak duduk di majelis saja, karena sekarang sudah ada Youtube, Tiktok, Instagram TV dan media-media lainnya. Perkembangan dakwah juga harus beradaptasi dengan media-media baru tersebut. Dakwah secara lisan yang sifatnya oral harus beralih ke digital,” ujar Kiai Cholil pada kegiatan Halakah Dakwah yang diselenggarakan Komisi Dakwah MUI, (22/04/2022) lalu dilansir dari laman resmi MUI pusat.

Dalam kegiatan tersebut, Kiai Cholil juga menyampaikan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta, 89% generasi milenial saat ini sudah tidak lagi mengaji di masjid dan majelis taklim.

“Saat iki generasi milenial lebih senang melihat Youtube, tidak lagi menonton TV ataupun datang ke majelis. Mereka tidak ingin ngajinya, waktunya, dan tempatnya terikat,” tuturnya.

Dengan perkembangan teknologi tersebut, kiai berharap kegiatan dakwah islam khususnya di MUI dapat segera beradaptasi dan berinovasi menyesuaikan perkembangan zaman.

Selain itu, seiring perkembangan teknologi, MUI juga harus memantau serta mengawal narasi digital yang sesuai dengan pedoman dakwah. @fen

Baca Juga :  Polsek Ciracas Dirusak Bermula dari Isu Prajurit Dikeroyok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Presidensi G20, Indonesia Pegang Peran Penting Perdamaian Rusia-Ukraina

Rab Apr 27 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan Indonesia memiliki peranan penting dalam upaya perdamaian agresi yang kini sedang terjadi antara Rusia dan Ukraina jelang helatan G20 pada November 2022 mendatang. Gus Muhaimin menegaskan, Indonesia yang ditetapkan memegang keketuaan Presidensi G20 sekaligus menjadi tuan rumah […]