Dapil Jabar 1 DPRD Jawa Barat: Kans Kursi PKS, Golkar, PDIP dan Gerindra

Editor Ilustrasi. /visi.news/kolase
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Hasil sementara penghitungan suara pemilihan legislatif DPRD Jawa Barat 2024 di daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat 1 menunjukkan bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golongan Karya (Golkar) berhasil meraih 5 kursi masing-masing. Kedua partai tersebut mendapatkan suara terbanyak dari total suara sah partai politik dan calon yang masuk hingga Kamis, 29 Februari 2024 pukul 02.00 WIB.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), 54.17 persen, PKS memperoleh 136.769 suara (21,36 persen), sedangkan Golkar memperoleh 73.349 suara (11,45 persen). Di posisi ketiga ada Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan 76.858 suara (11,99 persen), kemudian Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 54.303 suara (8,47 persen), dan Partai NasDem dengan 41.699 suara (6,51 persen).

Data tersebut merupakan hasil penghitungan suara dari 4.867 Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau sekitar 54,17 persen dari total 8.984 TPS yang ada di dapil Jabar 1. Dapil Jabar 1 meliputi Kota Bandung, dan Kota Cimahi. Dapil ini memiliki 8 kursi di DPRD Jawa Barat yang diperebutkan oleh 17 partai politik peserta pemilu 2024.

Untuk perolehan kursi di DPRD Jawa Barat, PKS dan Golkar berpeluang mendapatkan sedikitnya dua kursi, caleg yang berpeluang raih kursi yaitu Hj. Siti Muntamah, S.A.P., H. Yoyok Switohandoyo, S.T., H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., H. Achmad Zulkarnain, dan Hj. Salmiah Rambe, S.Pd.I., M.Sos. dari PKS, serta Ir. M.Q. Iswara, Deden Y. Hidayat, Hj. Euis Siti Julaeha Sahidin, S.I.P., Dr. Ir. H. Ajie Giytmiko Sugiyat, M.Si., dan Budhi Setiawan dari Golkar.

Sementara itu, PDIP dan Gerindra yang berpeluang mendapatkan kursi yaitu R. Yunandar R.E.P., Rafael Situmorang, S.H., dan Palestina Salma Subagdja, S.H. dari PDIP, serta Dr. Buky Wibawa, M.Si., H. Arif Hamid Rahman, S.H., dan Dian Kurnia Utami, M.T. dari Gerindra. Partai NasDem mendapatkan 2 kursi, yaitu Mamat Rachmat, M.Si. dan Boyke Luthfiana Syahrir, S.H., M.H. Kursi lainnya bisa didapat dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN) dll.

Baca Juga :  Kemenkumham Jatim Bawa Pulang Dua Penghargaan Terbaik Bidang Kehumasan

Hasil penghitungan suara ini belum merupakan hasil akhir. KPU akan melakukan rekapitulasi suara secara berjenjang.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

[HOAKS] Video Ormas Jaga KPU dan Istana dari Pedemo Pemilu

Kam Feb 29 , 2024
Silahkan bagikan VISI.NEWS | BANDUNG – Sebuah video memuat narasi soal organisasi kemasyarakatan (ormas) yang dipimpin Rosario de Marshal alias Hercules menjaga kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Istana Kepresidenan. Dalam unggahan itu disebutkan, mereka menjaga KPU dan Istana dari demonstrasi terkait kecurangan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Namun, berdasarkan penelusuran […]