Dari Sekitar Jabar hingga Malaysia, Donasi bagi Korban Longsor Cimanggung Mulai Berdatangan

Editor :
Bantuan bagi para korban longsor dan banjir tersimpan dan diurus para relawan serta pihak terkait di posko penanggulan bencana di Kantor Kec. Cimanggung. Ketua Karang Taruna Kec. Cimanggung, M. Fadlan Irfan Darmawan (foto kiri bawah)./visi.news/budimantara.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Ketua Karang Taruna Kecamatan Cimanggung, Kabupatèn Sumedang, M. Fadlan Irfan Darmawan mengatakan, hari ke-3 di Posko penanggulangan bencana longsor yang menerjang Kp. Bojongkondang, Desa Cihanjuang, Kec. Cimanggung, sudah terpumpul bantuan Rp 26 juta, pakaian, sembako dan obat-obatan.

“Hari ke-3 kita membuka posko penanggulangan bencana longsor alhamdulillah sudah terkumpul Rp 26 juta, belum sembako, pakaian, selimut dan obat-obatan. Donasi ini terkumpul dari 150 penyumbang, baik perusahaan, organisasi masyarakat, sekolah, perguruan tinggi, maupun perorangan,” kata Fadlan kepada wartawan di Posko penanggulangan longsor di Kantor Kec. Cimanggung, Senin (11/1/2021).

Menurut Fadlan, para penyumbang tersebut selain dari sekitar Cimangung, Sumedang, juga dari beberapa wilayah di Jabar, bahkan ada dari luar Jabar, termasuk dari Malaysia.

“Kami dari Karang Taruna Kec. Cimanggung yang jadi relawan bersama dengan ormas lain, elemen masyarakat, dan tim gabungan lainnya mengucapkan terima kasih kepada para penyumbang. Ya kita berharap sumbangan bisa sedikit meringankan beban para korban longsor,” harapnya.

Dikatakan Fadlan, pihaknya selaku relawan kini telah mendirikan 2 dapur umum induk dan beberapa dapur umum di tingkat desa. Pasalnya, kata Fadlan, selain terjangan longsor, banjir pun menerjang sejumlah desa di Kec. Cimanggung yang warga terdampak butuh uluran tangan.

Pihaknya, dikatakan Fadlan, belum bisa memastikan kapan posko penanggulangan bencana dan dapur umum dihentikan.

“Posko relawan dan dapur umum kita hentikan jika situasi di Cimanggung benar-benar kondusif,” ucapnya.

Para relawan yang terjun secara sukarela tersebut telah berbagi tugas dan tetap berkoordinasi dengan pihak dinas dan intansi terkait lainnya.

“Kita sangat berharap tidak ada lagi longsor susulan dan puluhan korban yang diduga masih tertimbun segera ditemukan,” pungkas Fadlan seraya menyebutkan hingga Senin sore baru 13 korban ditemukan tewas tertimbun longsor (baru saja ada penambahan 1 korban tewas ditemukan sehingga bertambah menjadi 14 korban tewas, red.), 3 selamat, dan 26 orang luka berat serta ringan. @yas/bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

H. Yuyun Demokrat: Masukan SBY kepada Jokowi Bukan Berarti Menggurui

Sen Jan 11 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS — Komentar Prof. Yusuf L. Henuk Guru Besar USU Medan dan Tedy Gusnaedi Dewan Pakar PKPI terhadap mengenai masukan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Jokowi, tentang kelanjutan proyek strategis di masa Pandemi sebetulnya tak perlu untuk ditanggapi. Tapi sebagai kader Partai Demokrat merasa tersakiti atas dua komentar tak […]