Daya tampung TPA Cumateh Kabupaten Agam Sudah 65 Persen

Editor TPA Cumateh, Lubuk Basung, Kabupaten Agam. /visi.news/edwarman
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | AGAM – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam, Afniwirman menyebut TPA Cumateh, Nagari Persiapan Sungai Jariang Lubuk Basung sudah mencapai kapasitas 65 persen.

Afniwirman mengatakan luas TPA Cumateh yang mencapai tiga hektar itu, diperkirakan hanya akan cukup menampung sampah untuk dua tahun ke depan.

Dikatakannya, rata-rata jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah setiap hari sebanyak 30 ton.

“Saat ini, TPA Cumateh bukan hanya menampung sampah dari Kabupaten Agam saja, sampah dari Kota Bukittinggi juga masuk ke TPA ini,” kata Afniwirman dalam keterangannya, Senin (5/2/2024).

Sebelumnya, Kota Bukittinggi biasanya membuang sampah ke TPA Regional Kota Payakumbuh. Namun, karena kondisi TPA Regional Payakumbuh saat ini mengalami kerusakan akibat longsor, maka Kota Bukittinggi membuang sampah ke TPA Cumateh.

Menurutnya, jika TPA Cumateh ini terus menampung sampah dari 2 daerah ini yaitu Agam dan Bukittinggi, maka daya tampung TPA akan cepat penuh dan Kabupaten Agam akan mengalami darurat sampah dalam waktu dekat.

“Saat ini kami juga sedang membahas dengan pimpinan daerah dan pihak terkait untuk mendiskusikan solusi dari persoalan ini, apakah nantinya akan mencari lokasi yang baru untuk membangun TPA, atau solusi lainnya,” terang Afniwirman.

Pihaknya berharap, persoalan ini bisa segera diatasi, sehingga Kabupaten Agam bisa bebas dari persoalan sampah.

@warman

Baca Juga :  Pemkot Bandung Jajaki Berbagai Alternatif TPA Darurat untuk Atasi Masalah Sampah

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Musrenbang di Kec. Majalaya Banyak Program Pro Rakyat

Sen Feb 5 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MAJALAYA – Pemerintah Kecamatan Majalaya melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan setiap tahun di Aula Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Senin (5/2/2024). Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Majalaya itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Camat Majalaya Gugum Gumilar mengatakan, pelaksanaan […]