Debat Paslon Wali Kota Solo Akhirnya akan Ditayangkan Langsung di Televisi Swasta

Paslon Wali Kota Solo dalam Pilkada 2020, masing-masing Paslon nomor 1, Gibran - Teguh dan Paslon nomor 2, Bajo, dijadwalkan akan adu debat yang ditayangkan secara langsung di televisi swasta pada 6 November 2020/visi.news/dok. kpu
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Debat pasangan calon (paslon) Wali Kota Solo, Jawa Tengah, dalam Pilkada 2020 yang semula tidak diagendakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo untuk ditayangkan secara langsung di televisi, akhirnya akan ditayangkan salah satu stasiun televisi.

Kepastian penayangan debat antara Paslon nomor 1 Gibran Rakabuming Raka – Teguh Prakosa (Gibran – Teguh) lawan Paslon nomor 2 Bagyo Wahyono – FX Supardjo (Bajo), disampaikan Ketua KPU Kota Solo, Nurul Sutarti, kepada wartawan di kantor KPU, Selasa (27/10 /2020).

Nurul Sutarti menjelaskan, debat Paslon yang merupakan rangkaian kampanye Pilkada 2020, dijadwalkan pada Jumat (6/11/2020) dan akan ditayangkan secara langsung di salah satu stasiun televisi.

Dia menyatakan, sudah ada kesanggupan salah satu stasiun TV yang mendapatkan hak tayang debat tersebut dari KPU.

“Semula kami tidak mengagendakan tayangan langsung debat paslon di televisi, tetapi tayangan tunda. Karena anggaran di KPU minim sehingga tidak cukup untuk biaya tayangan langsung. Setelah kami mendapat fasilitas free dari salah stasiun televisi, acara debat paslon akan ditayangkan langsung. Hak eksklusif ada di KPU Kota Solo,” ujar Nurul Sutarti.

Kepastian tayangan langsung acara debat paslon, kata ketua KPU Kota Solo itu, sudah disampaikan kepada kedua paslon dalam rapat koordinasi debat di kantor KPU Kota Solo, Senin (26/10/2020).

Dia mengungkapkan, selain satu stasiun televisi yang mendapatkan hak tayang secara langsung, ada dua stasiun televisi lain yang akan menayangkan secara relay.

“Stasiun televisi lain bisa menayangkan langsung secara relay, dengan catatan harus clean feed. Jadi, di tayangan relay tidak ada logo dari stasiun TV yang menayangkan live. Logonya dari KPU semua” jelasnya.

Menyinggung teknis pelaksanaan debat paslon, Nurul menyatakan, materi debat paslon Gibran-Teguh dan Bajo akan ditayangkan selama 120 menit. Alokasi waktunya dibagi 90 menit untuk debat dan 30 menit untuk istirahat.
“Debatnya sendiri dibagi dalam delapan segmen yang akan ditayangkan live di Metro TV. Sedangkan TV One dan Kompas TV akan menayangkan melalui relay,” tutur ketua KPU Solo lagi.

Dia menambahkan, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam debat yang akan digelar si Hotel Sunan Solo tersebut. Setiap paslon hanya diizinkan membawa empat orang pendamping yang bisa mengikuti debat di dalam ruang atau sejumlah 6 orang termasuk paslon.

KPU Kota Solo juga telah menyiapkan panelis, terdiri dari akademisi, tokoh masyarakat, budayawan, dan profesional yang tahu mengenai permasalahan Kota Solo.

KPU saat ini belum mengumumkan nama-nama panelis maupun tim penyusun materi pertanyaan untuk debat. @tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

SEHAT: Bisa Merusak Usus, Hindari Konsumsi 4 Makanan Ini saat Perut Kosong

Sel Okt 27 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Pola makan yang buruk bisa memengaruhi kesehatan sistem pencernaan, bahkan merusak usus. Salah satunya karena kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu saat perut kosong. Melansir Suara.com dari NDTV Food, Konsultan Ahli Gizi, Rupali Datta dari India menjelaskan beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat perut kosong, yakni: 1. Makanan pedas Menyantap makanan pedas memang nikmat. Namun, […]