Debat Pertama Capres, Anies dan Prabowo Saling Ungkap Oposisi

Editor Tangkapan layar/youtube@KPU RI
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Calon Presiden Nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan menyampaikan jawaban dari pertanyaan moderator soal kebijakan pembenahan tata kelola parpol.

Anies menyinggung terkait demokrasi yang tidak berjalan pada pemerintahan Presiden Jokowi. Kemudian dirinya menyampaikan 3 point yang berkaitan dengan itu, diantaranya soal keterbatasan kebebasan berbicara, hilangnya oposisi yang mengkritik pemerintah dan yang terakhir pemilu 2024 netral, jujur, adil dan transparan.

“Ini seluruh masyarakat Indonesia rasakan, kita sudah minim oposisi, kebebasan berbicara terbatas dan persoalan hukum yang sedemikian tidak memihak rakyat kecil,” Kata Anies, saat debat perdana calon presiden 2024 di KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023) Malam.

Anies meragukan jika kubu oposisi berkurang kepada Pemerintahan Jokowi, pelaksanaan Pemilu 2024 nanti akan mengalami banyak tantangan. “Kita ragu, bisakah pemilu nanti digelar dengan adil, jujur, oposisinya kurang sekali,” tuturnya.

Menanggapi jawaban tersebut, Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menjelaskan bahwa Anies Baswedan pernah di usung untuk menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta oleh dirinya, hingga akhirnya terpilih Memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) waktu itu.

“Mas Anies, mas Anies, saya kan pernah jadi oposisi dari yang saat itu menghadapi pemerintah yang berkuasa dan saya yang mengusung anda, jadi kalau mengaku bahwa pemerintah anti oposisi, dan kalau pun menilai demokrasi kita tidak berjalan tidak mungkin anda menjadi gubernur, jangan berlebihan lah,” tegasnya.

“Artinya oposisi itu ada dan gak dikurangi atau dibatasi oleh pemerintah saat ini, siapapun berhak berbicara, Pa Jokowi tidak diktaktor,” tambahnya.

Diketahui, tema debat pertama adalah hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik, penguatan demokrasi, serta penanganan disinformasi dan kerukunan warga masyarakat. @gvr

Baca Juga :  Rekrutmen Anggota Polri, Polresta Bandung Berikan Penghargaan Kepada Instansi Prov. Jabar Dan Kab. Bandung

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Doa Sebelum Bekerja, Agar Hari Ini Lebih Baik dari Kemarin

Rab Des 13 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Setiap orang pasti menginginkan hari yang lebih baik dari hari sebelumnya. Salah satu cara untuk mencapai hal itu adalah dengan berdoa sebelum bekerja. Doa adalah senjata bagi orang beriman, yang dapat membawa keberkahan, perlindungan, dan kemudahan dalam segala urusan. Ada beberapa doa yang dapat dibaca […]