Debat Pilpres Makin Seru, Ini Tema pada Debat Keempat yang akan Digelar Minggu Malam

Editor Cawapres A. Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabumi Raka dan Mahfud MD. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Persaingan antara tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024 semakin sengit. Setelah tiga kali berdebat dengan tema-tema yang berbeda, kini mereka akan kembali beradu argumen pada debat keempat yang akan digelar pada Minggu  (21/1/2024) pukul 19.00.WIB.

Debat keempat ini akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, dan disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi nasional. Debat ini akan diikuti oleh Cawapres Abdul Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan bahwa tema debat keempat ini adalah energi, sumber daya alam, sumber daya mineral, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat. Tema-tema ini dipilih berdasarkan visi nasional yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).

Menurut Komisioner KPU RI August Mellaz, tema-tema ini sangat relevan dengan isu-isu strategis yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Dia mengatakan bahwa debat ini akan menguji kemampuan para capres-cawapres dalam menawarkan solusi-solusi yang konkret dan inovatif untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

“Debat ini akan menguji kemampuan para capres-cawapres dalam menawarkan solusi-solusi yang konkret dan inovatif untuk mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan energi, sumber daya alam, sumber daya mineral, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat,” kata August Mellaz di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (17/1/2024) sore.

Debat ini akan dibagi menjadi enam segmen, yaitu pembukaan, penyampaian visi misi dan program kerja, pendalaman visi misi dan program kerja oleh moderator, tanya jawab dan sanggahan, penutup, dan kesimpulan. Setiap segmen akan berlangsung selama 20 menit, kecuali segmen pembukaan dan penutup yang masing-masing berlangsung selama 10 menit.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Kota Bandung dan Sekitarnya, Kamis (9 Juli)

Debat kali ini rencananya akan dipandu oleh dua moderator, yaitu Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar. Retno Pinasti adalah seorang jurnalis senior yang berpengalaman dalam meliput isu-isu lingkungan hidup, sementara Zilvia Iskandar adalah seorang akademisi yang ahli dalam bidang energi dan sumber daya alam.

Debat ini diharapkan dapat menjadi ajang edukasi bagi masyarakat untuk mengetahui visi, misi, dan program kerja dari masing-masing pasangan capres-cawapres. Debat ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk menilai kredibilitas, kapabilitas, dan integritas dari para capres-cawapres.

Debat ini merupakan debat terakhir yang akan diikuti oleh para cawapres. Setelah ini, akan ada satu debat lagi yang akan diikuti oleh para capres pada 4 Februari 2024 dengan tema pendidikan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ini Makanan dan Minuman Sehat untuk Buka Puasa Rajab

Kam Jan 18 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Rajab adalah bulan ketujuh dalam kalender Islam, yang juga merupakan salah satu dari empat bulan suci. Dalam bulan ini, banyak umat Islam yang melakukan puasa sunnah, yaitu puasa yang dilakukan secara sukarela tanpa kewajiban. Puasa sunnah memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan, keimanan, dan ketaqwaan. […]