Deddy Corbuzier Layangkan Surat Terbuka Tanggapi Konten Indah G yang Dituding Mengadu Domba

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Deddy Corbuzier memberikan tamparan keras kepada seorang influencer Indah G mengenai kontroversinya yang menyebutkan jika pemerintah Indonesia memberikan bantuan dana besar-besaran kepada Palestina tetapi melupakan saudara di negeri sendiri yakni Papua Barat. Tamparan keras Deddy Corbuzier tersebut disampaikan melalui surat terbuka dalam kanal Youtube-nya pada Rabu siang (29/11).

“Ini buat kamu Indah ya, jawabannya adalah begini, kemerdekaan Palestina itu ada di dalam konstitusi Indonesia, di paragraf pertama Undang-Undang Dasar 1945 yang isinya adalah ‘kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan’. Ini undang-undang yang dibuat oleh Founding Father kita, direncanakan sedemikian rupa karena kita negara terjajah pada saat itu, maka kita menyatakan kemerdekaan itu hak segala bangsa,“ ucap Deddy.

Tidak hanya itu, Deddy juga menyampaikan argumen lainnya terhadap landasan konstitusi yang membuat Indonesia memberikan dukungan dan bantuan penuh terhadap Palestina. Ini bukan hanya karena agama atau apapun itu, melainkan menurutnya negara mana pun yang mendapatkan penindasan harus dihapuskan dan berhak mendapat kemerdekaan.

“Lalu di paragraf keempatnya dituliskan ‘ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial’. Artinya kita harus berperan aktif memperjuangankan kemerdekaan perdamaian dan keadilan di dunia, bukan hanya di Indonesia,” tegas Deddy.

“Ketika ada negara yang terjajah atau terkena musibah apalagi penjajahan maka negara kita wajib membantu karena kita percaya bahwa kemerdekaan dan perdamaian itu adalah hak segala bangsa. Ini mudah-mudahan kamu ngerti dan kamu paham,” lanjutnya.

Pada video tersebut dirinya juga membeberkan data-data upaya yang dilakukan pemerintah terhadap Papua. Hal tersebut berhasil membantah kontroversi yang disampaikan Indah G beberapa hari lalu.

Baca Juga :  Lapar Tak Disiapkan Makan, Alasan Mertua Bunuh Menantu yang Hamil 7 Bulan

“Karena gini saya suka bingung ketika ada orang yang bilang seperti kamu pada saat itu sebelum kamu klarifikasi, kita bantu negara orang sampai milyaran tapi saudara kita di Papua nggak ada yang perhatikan, saya akan beberkan datanya,” ucap Deddy.

“Jadi, benar Indonesia mengirim bantuan sebesar 31,9 miliar ke Gaza, tapi kalian juga harus cari tau berapa bantuan dari pemerintah kita yang sudah dikeluarkan untuk Papua. Dana otonomi khusus untuk Papua tahun ini sebesar 8,9 triliun rupiah, dan dana anggaran untuk daerah tertinggal lainnya sebesar 2.9 triliun rupiah. Bantuan untuk Papua itu 279 kali lipat lebih besar,” jelasnya.

Perdebatan ini dimulai sebelumnya ketika Indah G menyampaikan pendapatnya mengenai pemerintah yang memberikan bantuan besar-besaran kepada Palestina tetapi seakan lupa pada negeri sendiri. Tentu hal ini membuat warganet marah besar terhadap Indah G yang dianggap justru memperkeruh suasana di Indonesia yang kian memanas akhir-akhir ini.

Pada video TikTok yang diunggahnya Senin lalu (20/11) Indah G menuliskan “Apakah mungkin saja kalau rakyat-rakyat di Papua Barat agamanya Islam dan kulitnya lebih terang akan masyarakat Indonesia lebih peduli dengan situasi mereka di sana?”.

Tentu kalimat tersebut membuat warganet naik pitam dan menganggapnya seakan mengadu domba dan bersikap rasis. Meskipun kini Indah G telah membuat klarifikasi, tetap saja dirinya masih menjadi bahan hujatan warganet, termasuk Deddy Corbuzier yang akhirnya melayangkan surat terbuka kepadanya.

@Firli Salama Fadhilah

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Mendekati Pemilu 2024: PeaceGen Gelar Kegiatan BoardGame for Democracy di Balai Kota Bandung

Rab Nov 29 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KOTA BANDUNG – PeaceGeneration Indonesia atau PeaceGen adalah social enterprise yang berdedikasi untuk memperjuangkan Pendidikan Perdamaian sejak tahun 2007. Lebih dari 15 tahun PeaceGen fokus bergerak pada Pelatihan Pengembangan Perdamaian, Pengembangan Media Pembelajaran Perdamaian dan Advokasi Pesan Perdamaian. Melalui media kreatif dan menyenangkan kami berkolaborasi dengan guru, […]