Dekranasda Kota Bandung Dorong Pelaku Usaha Eksis dan Lebih Berdaya Saing

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung terus menggelorakan pembinaan dan pengembangan bagi pelaku usaha lokal. Dengan tujuan untuk mempertahankan eksistensi dan meningkatkan daya saing produk lokal.

Ketua Umum Dekranasda Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah menyampaikan, sampai saat ini terdapat sekitar 10.000 pelaku usaha atau UMKM yang dibina oleh Dekranasda Kota Bandung. Termasuk mengurasi produk UMKM binaan.

“Kurasi ini melibatkan akademisi dan berbagai pihak melalui kolaborasi pentahelix, termasuk universitas, media, pelaku bisnis, dan komunitas. Proses ini bertujuan untuk memastikan pelaku usaha yang dibina benar-benar memiliki potensi dan siap bersaing,” jelas Linda di Taman Pramuka Kota Bandung, Selasa, 14 Mei 2024.

Untuk diketahui, proses kurasi ini dilakukan untuk menentukan daya saing dari setiap pelaku usaha.

Kriteria utama untuk masuk dalam program pembinaan Dekranasda adalah:
1. Produk berkualitas
2. Siap berdaya saing
3. Siap dibantu dalam penetrasi pasar yang lebih luas

Dekranasda mengelompokkan pelaku usaha ke dalam beberapa kelas daya saing yaitu middle class dan premium class.

“Middle Class, produk akan difasilitasi untuk promosi di mal kelas menengah. Sedangkan Premium Class, produk akan difasilitasi untuk promosi di mal kelas premium dan berkesempatan untuk tampil di event nasional dan internasional seperti contoh baru baru ini adalah Inacraft dan Bandung Week Market,” ungkap Linda.

Linda juga menyampaikan, pelaku usaha yang dibina oleh Dekranasda akan mendapatkan berbagai keuntungan.

“Keuntungan yang didapatkan di antaranya Fasilitas tanpa biaya, Pembinaan komprehensif yang tidak hanya mempopulerkan produk tetapi juga mematangkan bisnis agar mandiri. Termasuk juga akses untuk mengikuti pameran dan promosi produk sesuai dengan kelas daya saing dan Peluang untuk menjangkau pasar Nasional dan Internasional,” jelasnya.

Baca Juga :  PONXX/2021, Atlet Panjat Tebing Jabar Harus Puas dengan Satu Emas

Dekranasda berkomitmen untuk membina, mengembangkan, dan menjaga eksistensi produk lokal agar tidak hanya muncul sebentar tetapi juga mampu bersaing dan bertahan di pasar.

“Melalui program inkubasi dan pembinaan berkelanjutan, Dekranasda berharap pelaku usaha dapat menjadi mandiri dan sukses di pasar Nasional dan Internasional.

Bagi pelaku usaha yang berminat untuk mendapatkan pembinaan dari Dekranasda, Linda menyampaikan ada langkah-langkah yang harus dilakukan

“Paling utama adalah memiliki produk yang siap dikurasi sedangkan untuk lebih mudahnya wargi bisa mengirim DM ke Instagram Dekranasda Kota Bandung untuk pendaftaran,” ungkapnya.

Dekranasda berharap agar seluruh pelaku usaha, baik yang baru memulai maupun yang sudah berpengalaman, dapat terus berkreasi dan berkembang.

“Pemkot Bandung dan Dekranasda siap membantu dan memfasilitasi agar produk lokal semakin dikenal dan dicintai di pasar global,” pungkasnya.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sekali Full Tank, MG VS HEV Berhasil Tempuh Jakarta - Probolinggo!

Rab Mei 15 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA. – Morris Garages (MG), merek otomotif legendaris asal Inggris telah memperkenalkan kendaraan hybrid pertamanya di Indonesia dalam bentuk SUV yang unggul akan performa teknologi hybrid yang paling mumpuni di kelasnya. Membuktikan hal tersebut, MG berkesempatan untuk melakukan uji coba perjalanan dari Jakarta hingga ujung tol Trans Jawa, […]