Demokrasi Di Indonesia Sudah Sangat Dewasa Dan Matang, Namun Perlu Ada Sedikit Perbaikan Sistem

Editor Anggota DPRD Jawa Barat H. Kusnadi. /visi.news/eko aripyanto
Silahkan bagikan

VISINEWS | BANDUNG – Bendahara Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat (Jabar), Haji Kusnadi mengakui sistem demokrasi di Indonesia masih jauh dari sempurna dan diakui masih di perlukan adanya perbaikan dalam banyak hal.

Guna mengevaluasi tatanan demokrasi tersebut, diperlukan adanya perbaikan aturan-aturan tentang kepemiluan, pasalnya masih ada sejumlah catatan yang harus diperbaiki.

“Saat ini kita belum boleh puas dengan bangun politik demokrasi kita, masih banyak PR yang harus dibahas, diperbaiki dan di sempurnakan,” katanya.

Misal, terkait dengan pemisahan Undang-Undang (UU) pemilihan umum (pemilu) dengan pemilihan kepala daerah (pilkada), padahal kedua aturan tersebut sudah dilakukan pembahasan di Komisi I, namun sayang rencana itu belum te realisasikan.

“Agak unik, ada dua aturan dua rezim yang seharusnya satu rezim, biar regulasi saja yang mengatur soal kepemiluan, termasuk kita atur soal keserentakan,” ujar Kusnadi.

Untuk itu, Kusnadi berharap, agar rekan sesama legislator di pusat, dapat segera kembali melakukan evaluasi kaitan dengan kepemiluan, sehingga agenda politik lima tahunan tersebut terselenggara sesuai dengan aturan yang tegas.

“Kalau pun masih bisa dilakukan pembahsan di DPR, kenapa enggak, lakukan saja, hal ini berkaitan dengan payung hukum yang jelas,” harapnya.

Terakhir, meski demikian, pelaksanaan Pemilu serentak 2024 diyakini berjalan sukses dan mengahsilkan kepemimpinan di negara ini sesuai konsep demokrasi yang jujur dan adil.

“Demokrasi kita sudah sangat dewasa dan matang, sehingga tidak perlu diragukan lagi, hanya saja memang perlu adanya perbaikan sedikit dalam sistem demokrasi kita,” pungkasnya. @eko.

Baca Juga :  Komisi II Belum Tentukan Sikap Terkait Usul Kampanye 120 Hari Pemilu 2024

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Komisi V Pantau Progres Pembangunan Stasiun dan Rel Ganda Rancaekek

Kam Feb 10 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras meninjau secara langsung progres pembangunan stasiun dan rel ganda Rancaekek, Bandung, Jawa Barat, yang nantinya berfungsi sebagai prasarana penunjang mobilitas angkutan penumpang dan barang. Andi […]