Desa Tegalsumedang Rancaekek Sudah Terima Tambahan Bansos Tahap 1 dari Provinsi

Jajaran Pemerintahan Desa Tegalsumedang sedang memverifakasi data penerima bansos./visi.news/budimantara.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Bantuan sosial (bansos) atas dampak pandemi virus corona dari Pemprov Jawa Barat untuk warga Desa Tegalsumedang, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, sudah dicairkan, Rabu (3/6).

Bantuan dalam bentuk sembako 351 paket dan uang tunai itu itu bagi keluarga penerima manfaat (KPM) dibagikan di Gedung Olah Raga Desa Tegalsumedang.

“Bantuan itu berupa sembako dan uang tunai. Sembako yang diberikan senilai Rp 350 ribu, sedangkan uang tunai Rp 150 ribu. Bantuan diberikan selama empat bulan,” kata Kepala Desa Tegalsumedang, Jajang Marpu, kepada VISI.NEWS, Rabu (3/6).

Jajang Marpu mengatakan, pihaknya mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengganti bantuan nontunai menjadi bantuan sosial tunai, mengingat ada potensi sembako yang rentan membusuk sebelum disalurkan.

Diakui, pihaknya sudah melakukan evaluasi dengan kades se-Kecamatan Rancaekek mengenai pemberian bantuan sosial bagi warga terdampak wabah corona dari Pemprov Jawa Barat.

Ada dua hal yang ditemui teman-teman (kades) ketika melakukan monitoring di wilayah desa, yaitu ada telur busuk dan alamat tidak mudah diketahui.

Kesulitan menemukan alamat penerima bantuan, mengakibatkan bantuan nontunai itu kembali ke desa setempat yang akhirnya mengendap. Kondisi itu, jelas Jajang, juga ditemukan di desa lainnya. Sembako bantuan nontunai tersebut menumpuk di kantor desa karena lokasi rumah penerima tidak ditemukan.

“Jadi ada penumpukan di desa. Itu juga jadi masalah. Ternyata tidak seperti yang dibayangkan, kalau alamat di perkotaan cukup mudah,   di wilayah pelosok desa cari RT/ RW nya susah, jadi didrop di kantor desa,” katanya.

Adapun bansos untuk Desa Tegalsumedang sebanyak 351 paket dengan rincian:
RW 01 49 paket, RW O2 47 paket, RW 03 138 paket, RW 04 25 paket, RW 05 56 paket, dan RW 06 32 paket.

“Hari ini dibagikan di 6 RW di wilayah Desa Tegalsumedang,” kata Suganda, Kesra Pemdes Tegalsumedang

Menurut Suganda, dalam pembagian paket sembako pihak Pemdes Tegalsumedang mengimbau warga agar tidak terjadi antrean dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah tidak ada antrean. By name by adress sudah ada, tinggal yang membawa sesuai KTP, baru kita beri,” pungkas Suganda. @bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lokasi Pariwisata di Kabupaten Bandung akan Dibuka Bertahap

Rab Jun 3 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Masa pandemi Covid19 yang masih memasuki pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), tentu belum membahagiakan sejumlah pengelola wisata, hotel, dan restoran di Jawa Barat. Apalagi Ridwan Kamil Gubernur Jabar menegaskan agar lokasi wisata tidak dibuka sebelum ada perintah dan surat resmi dari Provinsi Jabar tersebut. Dengan […]