Dewan Pers Sebut UKW Bukan untuk Membatasi Karier Jurnalis

Editor Suasana kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) MNC Media yang dilaksanakan bekerja sama dengan Dewan Pers di Ballroom Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2021)./sindonews/carlos roy fajarta/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Dewan Pers menyebut pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tidak dimaksudkan untuk membatasi level atau jenjang karier seorang jurnalis di sebuah perusahaan media.

Hal tersebut ditekankan Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers Arief Zulkifli seusai membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan oleh MNC Media bekerja sama dengan Dewan Pers di Ballroom Hotel Sari Pan Pacific Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2021).

“Kita berterima kasih kepada pihak-pihak yang membantu kita sehingga Uji Kompetensi Wartawan bisa berjalan dengan baik. Uji kompetensi pada akhirnya bermanfaat untuk mengukur dan menstandarkan kemampuan dasar wartawan,” ujar Arief Zulkifli, seperti dilansir sindonews.

Dia mengatakan, pada dasarnya di Dewan Pers sertifikasi kompetensi seorang jurnalis dibagi menjadi tiga level yakni level muda, madya, dan utama.

“Pemimpin redaksi selayaknya dipilih dari level utama, jadi setiap level ada tolok ukurnya,” ungkap Arief Zulkifli.

Ia menambahkan, untuk wartawan atau jurnalis yang belum mengikuti Uji Kompetensi Wartawan Dewan Pers agar bisa mengikuti UKW sesuai bidang profesi masing-masing baik untuk televisi, cetak, maupun online.

“Wartawan yang belum memiliki sertifikasi kita sarankan mengikuti uji kompetensi walaupun sudah menjalankan tugas mereka dengan baik. Bukan maksud membatasi mereka, tapi agar mereka menjalankan tugas dengan standar yang lebih baik lagi,” tandas Arief Zulkifli.

Sebelumnya, Direktur Pemberitaan News Gathering MNC Media Apreyvita Dyah Wulansari menyebutkan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diikuti oleh 52 jurnalis MNC Media pada 18-19 Maret 2021 di Ballroom Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, sebagai salah satu upaya meningkatkan kapasitas kemampuan jurnalis di MNC Media. @fen

Baca Juga :  Vaksinasi bagi Mitra Binaan BNPT Terkendala Penolakan Mantan Napiter

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Seusai Mengikuti Sidang Putusan MK, Ini yang Disampaikan Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan

Kam Mar 18 , 2021
Silahkan bagikan VISI.NEWS – Bupati dan Wakil Bupati Bandung terpilih HM. Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan mengikuti jalannya sidang putusan perselisihan hasil pemilihan (PHP) Kepala Daerah Kabupaten Bandung 2020 di dampingi beberapa penasehat hukum KPU, Bawaslu dan pihak terkait, Kamis (3/18/2021). Dadang dan Sahrul nampak merasa lega setelah Hakim Mahkamah […]