Di Bogor Masih Banyak, Meski Refocusing Anggota Komisi 4 DPRD Jabar ini Inginkan Program Rutilahu Tetap Ada

Editor :


Silahkan bagikan

VISI.NEWS |BANDUNG – Masyarakat Jawa Barat (Jabar) sangat menginginkan agar program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) tetap ada. Pasalnya, program bedah rumah tersebut sangat dirasa manfaatnya oleh penerima manfaat serta meminimalisir jumlah permukiman kumuh di Jabar.

Hal tersebut dikatakan Anggota DPRD Jabar, Haji Kusnadi kepada VISI.NEWS, Selasa (26/10/21). Ia mengatakan, meski saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) masih harus melakukan refocusing APBD untuk penanganan pandemi Covid-19, akan tetapi diharapkan program Rutilahu bisa terus berjalan.

“Pada dasarnya DPRD sangat memahami terkait dengan kebijakan anggaran yang harus dilakukan refocusing untuk menangani pandemi di Jabar, tapi untuk program Rutilahu diharapkan tidak terkena realokasi anggaran,” katanya.

Ditambah di Tahun 2021, lanjut Anggota Komisi 4, Pemprov Jabar akan melaksankan program PEN, sehingga alokasi anggaran akan bergeser untuk program PEN. Meski demikian, DPRD meminta agar program Rutilahu yang sama pentingnya itu, tetap harus bisa berjalan.

“Sebagai penyambung aspirasi masyarakat Jabar, saya akan terus berusaha untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat yang tidak mampu secara all out,” tegasnya.

Menurut Kusnadi, program tersebut tidak sekedar mengandalkan anggaran pemerintah tapi ada juga peran serta masyarakat sehingga memiliki dampak ekonomi juga bagi warga di lokasi rehabilitasi rumah orang miskin itu.

“Rutilahu dikerjakan secara gotong royong agar rumah masyarakat yang dinilai tak layak huni menjadi layak huni. Rehabilitasi pada Rutilahu diprioritaskan di atap, lantai, dan dinding, serta fasilitas MCK,” ungkapnya.

Terakhir, legislator asal Dapil Kabupaten Bogor tersebut berharap agar program yang melibatkan Kementerian Sosial itu, di Tahun 2021 bisa terealisasikan dengan jumlah penerima manfaat tepat sasaran serta jumlah bantuan yang memadai.

Baca Juga :  LIGA JERMAN: Bayern Lengkapi Pesta Juara dengan Kemenangan 6-0 atas Gladbach

“Di Jabar khususnya di Kabupaten Bogor, diketahui masih terdapat rumah kumuh atau tidak layak huni, sehingga Pemprov patut untuk terus melanjutkan program Rutilahu tersebut,” pungkasnya.@eko

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ilham Habibie Bergabung ke Perusahaan Tekfin Open Finance Ayoconnect sebagai Komisaris

Sel Okt 26 , 2021
Silahkan bagikanmore Rekam jejak Ilham yang mengesankan dalam industri teknologi di Indonesia akan mempercepat proses ekspansi Ayoconnect ke ranah Open Finance dan Open Government secara signifikan. Ilham Habibie adalah seorang profesional berpengalaman di bidang TIK dan finance di Indonesia. Ia memimpin Dewan TIK Nasional dan Badan Riset dan Teknologi Kamar […]