Di Hari Jadi ke-75 Pemkot Solo, Gibran Ajak ASN “Berlari” dan Bekerja Ekstra Keras

Editor Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menjadi pembina upacara peringatan Hari Jadi ke-75 Pemkot Solo yang digelar sederhana di halaman Balai Kota/visi.news/tok suwarto.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kota Praja Surakarta yang merupakan embrio Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta atau Pemkot Solo, pada 16 Juni 2021 tepat berusia 75 tahun. Pemerintah swapraja tersebut terbentuk pada masa-masa awal kemerdekaan Republik Indonesia, setelah berakhirnya pemerintahan Keraton Surakarta dan Kadipaten Mangkunegaran.

Peringatan Hari Jadi ke-75 Pemkot Solo tahun 2021 yang digelar di tengah situasi pandemi Covid-19 di lapangan depan Balai Kota Solo, Rabu (16/6/2021), berbeda dengan peringatan pada tahun-tahun sebelumnya yang semarak dengan penampilan dramatari dan diikuti seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Solo.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, untuk pertama kalinya menjadi pembina upacara peringatan Hari Jadi ke-75 Kota Solo, yang diikuti peserta dalam jumlah sangat terbatas.

Peserta upacara merupakan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Solo, terutama dari kelurahan, kecamatan dan beberapa kepala dinas, pimpinan dan anggota DPRD Kota Solo, Forkopimda dan pimpinan insatansi vertikal terkait.

Di depan peserta upacara di lapangan dan sebagian lainnya mengikuti secara daring, wali kota Solo Gibran, minta jajaran ASN Pemkot Solo bekerja ekstra keras untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi, di antaranya dengan mempercepat vaksinasi dan pembangunan infrastruktur.

“Pada hari ulang tahun ke-75 Pemerintah Kota Surakarta ini, saya sudah 3 bulan menjadi bagian dari pemerintah kota. Saya mengajak seluruh elemen Pemerintah Kota Surakarta untuk berlari, bekerja ekstra keras dengan kebut vaksinasi dan percepatan infratruktur,” ujar Gibran dalam amanatnya.

Wali Kota Solo menegaskan, permintaan tersebut bukan pekerjaan mudah. Namun hal itu harus dilakukan bersama seluruh ASN dalam pelayanan kepada masyarakat demi kesejahteraan bersama.

Gibran menjelaskan, vaksinasi yang dikebut sejak awal tahun dengan prioritas masyarakat di sektor produksi, aparatur sipil negara, anggota TNI dan Polri, pedagang pasar tradisional, tenaga pendidik, pegiat pariwisata, seniman, karyawan, pengemudi ojek online, serta kini menjangkau kelompok lansia dan pra lansia, merupakan upaya menjaga imunitas dan mencegah paparan Covid 19.

Baca Juga :  Transformasi Ekonomi Hijau, Kusnadi : Pengurangan Sampah Plstik Menjadi Pokus Utama

Menyinggung percepatan pembangunan infrastruktur yang diprioritaskan Pemkot Solo, antara lain pembangunan elevated railway di Palang Joglo untuk mengatasi kemacetan, revitalisasi Taman Balekambang sebagai pusat Kebudayaan Jawa, pembangunan GOR Indoor Manahan bertaraf internasional; penyempurnaan Fly Over Purwosari dan lain-lain, menurut Gibran, merupakan salah satu upaya percepatan pemulihan roda perekonomian.

Di bagian akhir amanatnya, Gibran minta jajaran ASN Pemkot Solo tidak cepat merasa puas terhadap hasil yang telah dicapai.

Sebaliknya, birokrasi Pemkot Solo harus mampu menciptakan sistem yang efektif, efisien, transparan dan bebas KKN.

Seusai upacara, wali kota Solo menyerahkan surat keputusan pensiun pokok dan kartu Taspen kepada mantan pasangan wali kota dan wakil wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan Ahmad Purnomo. @tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Bea Siswa untuk Siswa Berprestasi Diberikan Pengurus Yayasan Skye Digipreneur

Kam Jun 17 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – 20 orang siswa siswi yang terdiri dari 3 orang dari SMP dan 17 orang dari SMK Skye Digipreneur Rancaekek Kabupaten Bandung, menerima bea siswa, dari pihak yayasan sekolah tersebut Selasa (15/6). Mereka mendapat beasiswa bertajuk “Langit Harapan” dengan tujuan memacu siswa lainnya agar berprestasi. Ke 20 siswa […]