Di Kota Solo Ada 6000 Titik Rawan Kebakaran, Lions Club Bantu Truk Tangki ke PMI

Editor Sekretaris PMI Solo, Sumartono Hadinoto, menandatangani penyerahan truk tangki bantuan Lions Club Solo Bengawan ke PMI Solo. Bantuan tersebut untuk mendukung operasional Dinas Pemadam Kebakaran. /visi.news/tok suwarto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOLO – Kota Solo yang sebagian besar merupakan permukiman padat, termasuk wilayah rawan bencana kebakaran. Dalam upaya mendukung operasional armada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Palang Merah Indonesia (PMI) Solo mendapat bantuan satu unit truk tangki “Water Support Unit” dari organisasi sosial internasional “Lions Club Solo Bengawan.”

Sekertaris PMI Solo, Sumartono Hadinoto, ketika menerima bantuan dari Presiden Lions Club Solo Bengawan, Budi Utomo, di halaman parkir PMI Solo, Sabtu (28/5/2022), mengungkapkan, kasus kebakaran di Kota Solo cenderung terjadi peningkatan. Sedangkan ketersediaan armada pemadam kebakaran belum ideal, sehingga belum cukup untuk menangani bencana kebakaran di Kota Solo.

“Berdasarkan data Dinas Damkar, di Kota Solo ada 6.000 titik rawan kebakaran. Kasus kebakaran yang terjadi di Kota Solo selama ini, sebagian besar disebabkan kelalaian dan penggunaan listrik yang tinggi,” katanya mengutip pernyataan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Solo, Sutarja.

Bantuan unit truk tangki berkapasitas 5000 liter kepada PMI Solo tersebut, menurut Sumartono, merupakan hasil donasi dari Lions Club Solo Bengawan bersama CV. Wijaya Baru melalui Metta Media.
Dengan tambahan bantuan satu unit truk tangki, sambungnya, kini PMI Solo memiliki total 4 armada truk tangki yang salah satu fungsinya untuk memasok air saat tanggap darurat bencana kebakaran.

“Pasokan air bantuan PMI, akan mendukung petugas Damkar dan mobil pemadam kebakaran dapat fokus memadamkan api. Kami berharap, jika terjadi bencana kebakaran api dapat dipadamkan secara cepat dan tepat,” tandas Sumartono.

Presiden Lions Club Solo Bengawan, Budi Utomo, juga berharap, tambahan bantuan armada truk tangki ke PMI bisa membawa manfaat bagi masyarakat Kota Solo dan sekitarnya. “Fungsi Lions Club Solo Bengawan adalah menebar manfaat bagi masyarakat. Melalui donasi truk tangki ini, semoga Lions Club Solo Bengawan dan PMI Kota Solo bisa terus menjalin kerjasama yang bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga :  Masih Terganjal Moratorium, Kusnadi : Warga Bogor Barat Dan Timur Diminta Bersabar

Dia menambahkan, sebelum Lions Club Solo Bengawan menyerahkan bantuan truk tangki ke PMI Solo, organisasi internasional itu telah bekerjasama dengan mendirikan Klinik Hemodialisa di PMI Solo dan memberikan bantuan armada ambulance VIP PMI Kota Solo.
Teddy Wijaya, pimpinan Wijaya Baru Karoseri yang merakit unit truk tangki tersebut mengaku senang bisa ikut andil dalam aksi kemanusiaan dengan PMI.

“Jujur, ini sebuah kebanggan bagi kami dapat menjadi bagian dari aksi kemanusiaan yang dilakukan Lions Club Solo Bengawan bersama PMI Kota Solo. Semoga kerjasama ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya warga Kota Solo,” ujarnya.@tok

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lewat Lagu "Berani Bersuara <3<3", Laleilmanino dan JKT48 Ajak Gen-Z Duet dan Nyanyi Bareng di TikTok dan Instagram

Ming Mei 29 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi berkolaborasi dengan Laleilmanino dan JKT48 meluncurkan kampanye literasi digital terbarunya, #BeraniBersuara. Lewat lirik lagu yang easy listening, kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi muda di Indonesia, khususnya Generasi Z (Gen Z) untuk […]