Dianggap Berjasa Tangani Pandemi Covid-19, Kusnadi : Segera Angkat Nakes Jadi ASN Melalui Jalur P3K

Editor Anggota DPRD Jawa Barat H. Kusnadi. /visi.news/eko aripyanto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS |BANDUNG – Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Haji Kusnadi mengatakan, tenaga kesehatan (Nakes) honorer memiliki jasa besar, khususnya dalam proses penanggulangan pandemi Covid-19 dua tahun belakangan ini.

Kepada VISI.NEWS, kemudian melanjutkan, berdasarkan data Kemenpan-RB per Juni 2021, tercatat ada 410.010 THK-II alias honorer yang mengabdi sebelum tahun 2005 dan 4.782 di antaranya adalah tenaga kesehatan.

“Karena dianggap berjasa ikut serta dalam menangani persoalan pandemi, para Nakes ini layak diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN),” katanya.

Kemudian, Anggota Fraksi Golkar ini mengungkapkan, Nakes honorer bisa segera diangkat menjadi ASN melihat perannya yang vital dalam penanggulangan pandemi dan masih kurangnya rasio tenaga kesehatan di masyarakat.

“Rasio dokter untuk 100 ribu penduduk masih kecil apalagi dokter spesialis, belum lagi Nakes di Puskesmas, jadi kebutuhan Nakes untuk fasilitas kesehatan bisa lebih tinggi dari angka Nakes honorer saat ini,” ungkapnya

Sehingga teman-teman Nakes honorer yang sudah lama mengabdi, lanjut Haji Kusnadi, diharapkan bisa diprioritasnkan sebagai ASN, termasuk di wikayah Jabar, terlebih, menurut informasi, Kemenpan-RB akan memberlakukan afirmasi seleksi.

“Afirmasi seleksi tersebut, untuk menjadi ASN lewat jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi tenaga kesehatan honorer sebagaimana yang telah diterapkan bagi tenaga pendidik atau guru,” ujarnya.

Terakhir, komitmen lisan masih dianggap menimbulkan kekhawatiran teman-teman tenaga kesehatan honorer, maka meminta agar segera disahkan kaitan dengan peraturan afirmasi Nakes honorer agar terdapat kejelasan dan penuntasan janji pemerintah.

“Tenaga kesehatan honorer telah terbukti memiliki peran signifikan dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat terlebih dalam mengatasi pandemi,” pungkasnya. @eko

Baca Juga :  Adzan Berkumandang Dengan Merdu, Begini Aksi Spontan Bupati Terpilih

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Disayangkan Kader Golkar, Hampir Setahun PAW Asep Ikhsan Belum Dilantik

Ming Jul 10 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Kader Partai Golkar, mempertanyakan lambatnya proses Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Bandung pasca wafatnya Almarhumah Hajah Neneng Hadiani, beberapa waktu lalu. Sampai Juli 2022 ini, Haji Asep Ikhsan sebagai yang berhak mengisi PAW tersebut sudah hampir setahun nasibnya “digantung”. Hajah Neneng Hadiani merupakan […]