Diduga Lecehkan Profesi Wartawan, KJTT Malang Raya Laporkan Bos Mafia Gedang

Editor Ketua KJJT Malang Raya, Budi Andri Yanto (atas kanan) dan pemilik akun TikTok #masroyganteng Owner Mafia Gedang (kiri bawah). /visi.news/redho fitriyadi/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | MALANG – Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) Koordinator Wilayah Malang Raya bergerak, kali ini akan segera melaporkan pemilik akun TikTok #masroyganteng ke Polisi secara organisasi.

Hal itu menyusul aksi unggahan video memparodikan dialog antara Roy seolah dikuntit wartawan, namun di situ ada tindakan Roy, yang diduga merendahkan wartawan sebagai profesi mulia.

Melalui Ketua KJJT Malang Raya, Budi Andri Yanto, sebagaimana dilaporkan wartawan VISI.NEWS di Malang, Minggu (14/5/2023), sangat mengecam keras Mas Roy Owner Mafia Gedang asal Tambaksari, Surabaya ini, karena tindakan itu dinilai sudah melukai profesi jurnalis.

Bahkan, katanya, wartawan di seluruh Indonesia, mengutuk unggahan video di akun TikTok #masroyganteng berdurasi 25 dan 40 detik itu, pada Kamis, 11 Mei 2023 lalu.

“Tindakannya telah melanggar UU ITE, ujaran kebencian dan menyudutkan profesi yang dilindungi Undang-undang,” ujar pria yang biasa disapa Andre ini.

Pemilik akun Tik-Tok @masroyganteng berinisial RN merupakan influencer berjuluk Mafia Gedang, dirinya dengan sengaja membuat video menyudutkan profesi wartawan dengan latar di salah sebuah rest area.

Kata Andre, wartawan adalah profesi mulia. Profesi ini seperti advokat dan dokter yang diatur dalam Undang-undang tersendiri.

Jika konten video yang diunggah itu merupakan parodi, justru disayangkan merendahkan profesi wartawan.

Usai Andri berkoordinasi dengan Ketua Umum KJJT, pihaknya besok akan melaporkan secara resmi akun TikTok tersebut. Dan secara tegas menyatakan konten tersebut itu menghina dan melecehkan profesi wartawan.

“Semestinya rekan-rekan konten kreator bisa menciptakan hal-hal yang baik dan bermanfaat, bukan malah membuat ulah yang tidak baik seperti itu,” ucap Andre, Sabtu (13/05/2023).

“Di sini, konten video yang diunggah oleh akun TIk-Tok @masroyganteng benar-benar menghina kami dan jurnalis se-Indonesia,” ujarnya lagi.

Baca Juga :  Seni Sampyong Menjadi Identitas Kesenian Khas Majalengka Diharapkan Bisa Lebih Diketahui Publik

“Itu sudah melanggar hukum terutama UU ITE,” tambah Ketua KJJT Wilayah Malang Raya ini.

Pihaknya akan mendesak pihak berwajib untuk memproses hukum pemilik akun @masroyganteng itu.

“Usai beberapa organisasi pers kemaren melaporkan ke polda Jatim selanjutnya KJJT bersama bidang hukum dan rekan-rekan perwakilan daerah akan mendatangi Polda Jatim, melaporkan Roy Niamillah yang sudah melakukan penghinaan dan pelecehan terhadap wartawan,” ujar Andri (13/05/2023).

“Kita akan buat surat dan laporkan agar jadi referensi masyarakat bahwa tindakan itu tidak terpuji dan tidak terulang kembali,” pungkasnya.

Ditambahkan Alex Widyo Nugroho SH. Pernyataan unggahan TikTok milik @masroyganteng sudah jelas menghina profesi wartawan. Bagi dia hal tersebut memenuhi unsur tindak pidana UU ITE, sengaja mengunggah pernyataan yang tidak pantas disampaikan di media sosial yang hanya ingin mendapatkan keuntungan.

“Kami akan mendampingi rekan-rekan yang merasa menyandang profesi wartawan untuk segera melaporkan akun @masroyganteng. Segera rapatkan barisan agar yang bersangkutan jera dan tidak terjadi kembali,” ujar Alex (13/05/2022).

@redho

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dugaan Pelecehan Profesi Puluhan Wartawan Geruduk Mapolda Jatim Laporkan Bos Mafia Gedang

Ming Mei 14 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Puluhan wartawan dari berbagai media Cetak dan On-Line mendatangi kantor Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Mapolda Jatim guna melaporkan Bos Mafia Gedang yang diduga telah melecehkan profesi wartawan melalui Media Sosial (Medsos) sejenis TikTok. Dugaan pelecehan profesi wartawan yang dilakukan Bos Mafia Gedang bernama Royhan […]