Dihadiri Bupati Bandung, Musda KNPI Kab. Bandung Rifki atau Praha yang Jadi Ketua? 

Editor Dua kandidat ketua KNPI Kabupaten Bandung foto bersama Bupati Bandung Dr. H.M. Dadang Supriatna di acara Musda KNPI di Hotel Grand Sunshine, Soreang, Minggu (18/6/2023). /visi.news/gustav viktorizal
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOREANG – Bupati Bandung Dr. H.M. Dadang Supriatna mengungkapkan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) merupakan wadah berhimpun para pemuda yang sesuai dengan fungsinya merupakan wadah perjuangan pemuda dalam kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan juga kenegaraan.

“Tentunya KNPI harus mengambil peran, bahwa berkumpulnya para pemuda berpikir dalam kegiatan sosial kemasyarakatan,” kata Bupati Dadang Supriatna pada pembukaan sekaligus peresmian Musyawarah Daerah (Musda) XV Pemuda/KNPI Kabupaten Bandung tahun 2023 di Hotel Grand Sunshine Soreang, Minggu (18/6/2023).

Bupati Bandung mengatakan bahwa KNPI sebagai garda terdepan untuk bela negara dan menjadikan pemuda yang berbangsa serta penyalur atau wadah penyalur aspirasi para pemuda di bidang kemasyarakatan.

“KNPI merupakan kawah candradimuka. Penggodokan kader-kader yang tentunya berasal daripada OKP yang berada di Kabupaten Bandung,” kata Dadang Supriatna.

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna, mengatakan bahwa ia ingat saat jadi Ketua KNPI Kabupaten Bandun. “Setiap hari Sabtu berkumpul dan berdiskusi pada saat itu kepemimpinan Bupati Bandung H. Obar Sobarna dan H. Dadang M. Naser,” ungkapnya.

“Setiap hari Sabtu disampaikan, apa yang menjadi gagasan dan kritikan dan sebagainya. Hal itu disampaikan pada ruang aspirasi atau ruang pemuda.
Setelah itu disampaikan kepada Pak Bupati, sehingga apa yang harus diberikan oleh Pak Bupati melalui kebijakan yang berpihak kepada para pemuda. Alhamdulillah saat itu, KNPI jarang demo dan saat sekarang ini juga KNPI tidak ada yang demo. Kenapa? Karena itu tersalurkan dan tersampaikan aspirasinya,” imbuhnya.

Guna melengkapi kebutuhan para pemuda, Kang DS menyatakan, insya Allah tahun ini Pemkab Bandung akan membangun gedung pemuda. “Tahapan sedang berlangsung dan tempatnya di kawasan Si Jalak Harupat, sebagai tempat berkumpul semua para pemuda,” katanya.

Baca Juga :  Prabowo Mania 08 Depok Dukung Dedi Mulyadi Maju Sebagai Cagub Jabar

Kang DS berharap para pemuda bisa memanfaatkan fasilitas yang ada. Setelah berhimpun di KNPI nanti disalurkan ada yang menjadi pengusaha, politisi, dan juga jadi kepemimpinan.

“Dan sebenarnya secara hakekatnya di KNPI, itu mencetak kader untuk mempersiapkan pemimpin di masa depan. Itulah KNPI dengan latar belakang yang berbeda dan sebagainya. Tapi kalau sudah berkumpul dan berhimpun di KNPI, maka disitulah dinamika akan muncul,” tuturnya.

KNPI itu ibarat anggota DPRD, katanya, berbeda-beda warna tapi satu tujuan dalam upaya membantu, mendorong dan mensukseskan.

Kang DS meminta para pemuda dan OKP yang berhimpun di KNPI ini untuk membangun sinergitas sesuai dengan visi misi Kabupaten Bandung.

“Visi kita adalah terwujudnya masyarakat Kabupaten Bandung yang Bedas (Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera),” tuturnya.

Dijabarkan menjadi lima misi, kata Kang DS, yakni membangkitkan daya saing daerah, membuat sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan berkeadilan dan merata, mengaktifkan kembali kreatifitas masyarakat, dan tentunya pola kehidupan berwawasan dan juga memiliki nilai-nilai keagamaan. Bagaimana untuk membantu masyarakat lemah.

“Dijabarkan lagi menjadi 13 program prioritas dan ini sudah diimplementasikan. Oleh karena itu, saya meminta kepada KNPI ke depan setelah hari ini dilaksanakan Musda, dan saya titip siapapun yang terpilih nanti yang terbaik untuk pemuda Kabupaten Bandung. Penyampaian visi misi dan gagasan yang dikedepankan, dan saya berharap siapapun yang terpilih nanti hasil Musda pada hari ini, saya minta sinergitas dengan visi misi Kabupaten Bandung,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Kang DS mempersilahkan kepada KNPI jika ada agenda pertemuan dengan dirinya selaku Bupati Bandung untuk menyampaikan gagasan, kritikan dan memberikan kewenangan bagi KNPI untuk bisa bekerjasama dengan kepala OPD yang ada di Kabupaten Bandung. “Saya minta peranan pemuda ini berperan, untuk menyampaikan gagasan dan lain sebagainya,” katanya.

Baca Juga :  2.000 Kasus Stunting Turun di Kabupaten Bandung

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Bandung sudah menyiapkan program yang berpihak kepada masyarakat. “Sebelum saya dilantik 26 April 2021, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bandung dalam posisi minus 1,87 persen dan Desember 2022 meningkat menjadi 5,32 persen,” katanya.

Kemudian, kata dia, PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Kabupaten Bandung meningkat dari Rp 137 triliun, pada Desember 2022 meningkat menjadi Rp 143 triliun. “Angka pengangguran Kabupaten Bandung yang asalnya 8,52 menurun Desember 2022 menjadi 6,92 persen. Kenapa menurun karena ada kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada masyarakat dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Bandung,” tuturnya.

Ia mengeluarkan kebijakan mulai dari program pinjaman dana bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan. “Supaya memberantas bank emok yang merajalela di Kabupaten Bandung. Inilah peran pemuda harus tampil membantu peran pemerintah,” harapnya.

“Silahkan berapa orang yang masih menganggur di masing-masing kecamatan silahkan berkumpul dan saya siap berdiskusi dengan para pengurus KNPI Kabupaten Bandung,” imbuhnya.

Bupati Bandung nantinya akan mengarahkan KNPI untuk bekerjasama dengan OPD di Kabupaten Bandung.

“Kita menyiapkan program-program pelatihan, mulai dari pelatihan bahasa Korea, Jepang dan menyalurkan tenaga-tenaga migran untuk bekerja ke luar negeri. Kita bekerja sama dengan job fair, kerja sama dengan para pengusaha di Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Tuan Rumah Fornas

Kang DS juga turut mensosialisasikan pelaksanaan Fornas di Kabupaten Bandung pada 2-9 Juli 2023 mendatang, sebagai tuan rumah pada pelaksanaan Fornas tersebut. “Kita akan kedatangan tamu dan akan dihadiri Bapak Presiden,” katanya.

Kang DS berharap pemuda harus menjadi bagian dari kesuksesan dalam pelaksanaan Fornas tersebut. “Pemuda jangan jadi penonton,” katanya.

Ia pun menjelaskan programnya berpihak untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Bandung. “Saya harap pelaksanaan Musda ini sebagai salah satu media untuk silih asah dengan sesama rekan. Pemilihan dilindungi oleh Undang-Undang dan juga landasan Pancasila dengan musyawarah mufakat. Siapapun yang terpilih nanti untuk kemajuan kabupaten Bandung,” katanya.

Baca Juga :  REFLEKSI | Kelahiran Kita

Ia mengatakan, dalam rekomendasi sidang komisi masing-masing pada Musda KNPI tersebut diselaraskan dengan visi misi Kabupaten Bandung. “Bagaimana membantu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bandung, yang menjadi salah satu agenda besar kita. Karena tahun ini dan tahun depan, negara kita atau dunia akan mengalami la Nina, sehingga saya berharap ada kontribusi pemikiran bagaimana dalam menghadapi musibah atau musim kemarau panjang hampir dua tahun. Maka, tolong saya minta kerjasama dari pemuda Kabupaten Bandung untuk sama-sama berpikir bagaimana untuk mengatasi persoalan yang akan datang. Kemarin pandemi Covid-19, hari ini sudah memasuki La Nina.

Sehingga kita berharap kontribusi pemikiran, bagaimana saya harus mengeluarkan kebijakan yang nantinya tidak ada masyarakat Kabupaten Bandung yang ‘kelaparan’. Inilah peran kita semua,” pungkasnya.@gvr

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Rayakan HUT Persebaya, Pemkot Surabaya Putar Chant Bajul Ijo di Traffict Light

Ming Jun 18 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Sepak Bola Persebaya, Pemerintah Kota Surabaya memutarkan chant suporter di setiap traffic light, hari ini, Minggu (18/6/2023). Diketahui Chant Suporter Bonek itu dipasang sebanyak 17 titik traffic light (TL) yang ada di Kota Surabaya. Sub Koordinator Penyediaan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Prasetyo […]