Diperpanjang, Tenggat Pengumpulan Nomor HP untuk Kuota Gratis Kemendikbud

Editor Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim./dok tim satgas penanganan covid-19/via kompas.com
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan kuota internet untuk memperlancar proses belajar mengajar peserta didik selama pandemi Covid-19.

Program Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik tersebut termaktub dalam Surat Edaran bernomor 8202/C/PD/2020 tanggal 27 Agustus 2020.

Surat edaran tersebut ditandatangani oleh Jumeri, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Jumeri, dalam surat edarannya, memerintahkan kepala satuan pendidikan untuk menyetorkan nomor handphone (HP) peserta didiknya.

“Menugaskan kepada seluruh Kepala Satuan Pendidikan agar melengkapi Nomor Handphone untuk peserta didik yang aktif melalui aplikasi Dapodik,” seperti tertera dalam surat edaran tertanggal 27 Agustus 2020.

Dalam surat edaran tersebut, Dirjen memberikan tenggat kepada kepala satuan pendidikan hingga 31 Agustus 2020.

Namun pada Jumat (28/8/2020), Jumeri mengeluarkan surat edaran susulan bernomor 8310/C/PD/2020, menganulir masa tenggat hingga 31 Agustus 2020.

“Tenggat waktu penginputan nomor handphone peserta didik ke dalam Aplikasi Dapodik diperpanjang sampai dengan 11 September 2020,” seperti tertulis dalam surat edaran poin a, Minggu (30/8), sebagaimana dilansir kompas.com.

Adapun aplikasi Dapodik atau Data Pokok Pendidikan merupakan aplikasi sistem pendataan skala nasional yang terpadu.

Aplikasi ini merupakan sumber data utama pendidikan nasional, bagian dari Program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

Aplikasi Dapodik hanya bisa diakses dan diinput oleh kepala satuan pendidikan, bukan oleh guru, siswa atau wali murid.

Cara mendapatkan kuota gratis Kemendikbud untuk peserta didik adalah, guru secara kolektif akan mengumpulkan data nomor handphone milik siswa.

Kemudian data yang telah terkumpul disetorkan kepada kepala satuan pendidikan, selanjutnya diinput ke aplikasi Dapodik.

Baca Juga :  HIDAYAH: Kisah Menegangkan Cat Stevens Sebelum Jadi Mualaf

Kapan Kuota Gratis Cair?

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah menjanjikan kuota internet gratis untuk para peserta didik yang menjalani pembelajaran jarak jauh.

Selain siswa, Nadiem mengatakan, guru juga mendapatkan bantuan subsidi tersebut.

Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 7,2 triliun untuk memberikan subsidi kuota internet.

Siswa nantinya akan mendapatkan kuota gratis sebesar 35GB per bulan, mahasiswa dan dosen mendapatkan 50GB, dan guru mendapatkan 42GB.

Bantuan kuota akan diberikan mulai bulan September hingga Desember 2020. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cerita di Balik Sidang Brenton Tarrant, Teroris Kulit Putih, Pembunuh 51 Jemaah di 2 Masjid Selandiabaru (3)

Ming Agu 30 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Dr Tuyan mengatakan kepada BBC bahwa dia sempat ragu-ragu apakah ia akan menulis pernyataan yang akan dibacakannya di depan Tarrant. Ia khawatir bahwa itu mungkin “menambah narsisismenya”, tetapi pada akhirnya ia memutuskan bahwa dia akan melakukannya. “Saya belum benar-benar punya waktu untuk memikirkan bagaimana perasaan saya terhadapnya […]