Dirut BPR Kerta Raharja, “Program Pak Bupati Bandung kita bantu semaksimal mungkin”

Editor Direktur Utama BPR Kerta Raharja Ir. H. Aep Hendar Cahyad (kanan) didampingi Direktur Operasional BPR Kerta Raharja Boy Ferli Sumaatmaja. /visi.news/engkos kosasih
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANJARAN – Direktur Utama (Dirut) BPR Kerta Raharja Ir. H. Aep Hendar Cahyad mengungkapkan bahwa BPR Kerta Raharja sudah menyalurkan sebesar Rp 50 miliar pinjaman dana bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan kepada sekitar 25.000 nasabah atau debitur di Kabupaten Bandung.

“Tahap pertama sudah clear, dan tahap kedua sekarang sudah terpenuhi juga. Jadi program Pak Bupati Bandung kita bantu semaksimal mungkin. Supaya program Pak Bupati ini dalam upaya mencegah bank emok tidak ada di Kabupaten Bandung sudah kita jalankan,” kata Aep Hendar Cahyad didampingi Direktur Operasional BPR Kerta Raharja Boy Ferli Sumaatmaja kepada wartawan saat menghadiri giat ‘Mupakat’ atau Musyawarah Bupati dengan Masyarakat Tani, di Lapangan Sepak Bola Kiarapayung, Desa Banjaran Wetan, Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung, Selasa (30/1/2024).

Kondisi di lapangan, imbuh Aep Hendar Cahyad, bahwa melalui mitigasi akan disempurnakan. “Supaya MPL (Multi-Purpose Loan) tetap di bawah 5. Alhamdulillah, sekarang MPL masih di bawah 5,” katanya.

Aep Hendar Cahyad berusaha untuk memaksimalkan program tersebut karena anggaran pinjaman dana bergulir tanpa bunga dan tanpa pinjaman itu sebesar Rp 20 miliar lagi akan turun.

“Anggaran Rp 20 miliar itu akan turun, mungkin pada Februari 2024 ini,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa bank dalam penyaluran anggaran berpegang teguh pada aturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Sementara itu, Direktur Operasional BPR Kerta Raharja Boy Ferli Sumaatmaja menambahkan, bahwa pembayaran dana pinjaman bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan dari nasabah itu, sudah kembali di angka Rp 42 miliar.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung itu mengharapkan uangnya itu sudah dikembalikan tahun 2025. Kita sudah persiapkan Rp 42 miliar. Jadi kebanyakan pembayarannya lancar,” katanya.

Baca Juga :  Pemkab Garut akan Gelar Operasi Katarak Gratis bagi Masyarakat Tidak Mampu

Boy Ferli mengatakan pinjaman dana bergulir tanpa bunga dan tanpa pinjaman itu diperlukan terutama oleh pedagang-pedagang kecil yang ada di Kabupaten Bandung.

“Pedagang kecil sangat butuh. Mereka itu pendapatannya rutin, jadi pembayarannya lancar ke kita (BPR Kerta Raharja),” katanya.

Menurutnya, BPR Kerta Raharja akan memberikan kemudahan dalam pelayanan atau pemberian pinjaman dana bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan kepada nasabah.

“Di BPR Kerta Raharja, insya Allah selama orangnya warga Kabupaten Bandung kemudian ada usahanya, kita akan bantu sesuai arahan dari Pak Bupati Bandung harus dibantu. Persyaratannya pun ringan hanya KTP dan NIB (Nomor Induk Berusaha) yang difasilitasi Dinas Perijinan, sehari bisa selesai,” katanya.

@kos

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Seminar Nasional Anti Plagiat Digelar di STAI Baitul Arqom Al-Islami

Kam Feb 1 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | PACET – Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI) STAI Baitul Arqom Al-Islami menggelar seminar nasional dengan tema “Avoiding The Culture Of Plagiarism Kepada Para Pelajar dan Mahasiswa” pada Senin, 29 Januari 2024 lalu. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan para pelajar dan mahasiswa dalam […]