Disdik Kab. Sumedang Minimalisir Kasus Kekerasan di Sekolah

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SUMEDANG – Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang ikut bagian dalam upaya meminimalisir terjadinya kasus-kasus kekerasan terhadap anak, utamanya di lingkungan sekolah. Upaya tersebut, diperkuat dengan keluarnya Peraturan Bupati Sumedang Nomor 16 Tahun 2024, tentang Gerakan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di lingkungan satuan pendidikan, melalui pendidikan berbasis kasih sayang.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Eka Ganjar Kurniawan menyebutkan, Perbup tersebut dapat melindungi peserta didik beserta tenaga pendidiknya dari tindakan kekerasan maupun bullying.

“Jadi tidak hanya peserta didiknya saja, tapi tenaga pendidiknya juga kami lindungi dengan keluarnya Perbup tersebut. Jadi ini seimbang ya, karena tidak sedikit juga yang mendapat perlakuan kekerasan dari siswanya,” kata Eka, Kamis, 25 April 2024.

Menurutnya pencegahan dan penanggulangan kekerasan diperlukan melalui pendidikan berbasis kasih sayang.

“Manusia diberikan anugerah berupa rasa kasih sayang, hingga dapat menimbulkan rasa percaya diri pada diri siswa maupun tenaga pendidiknya, yang akhirnya dapat menciptakan kreativitas. Setelah punya kreativitas tentu akan bangga dan dapat terus menciptakan kreativitas lainnya,” ucapnya.

Selain itu sambung Eka, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang berkolaborasi juga dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Sumedang.

Hal tersebut dilakukan, dengan pembentukan satuan tugas serta Tim Pencegahan Penanggulangan Kekerasan (TPPK) di setiap satuan pendidikan.

“Kami punya satgas di dinas serta TPPK yang didalamnya juga ada dari DPPKBP3A Sumedang di setiap satuan pendidikan. Intinya ini bentuk keseriusan kami dalam upaya meminimalisir kekerasan, walaupun masih banyak hal yang harus kita tingkatkan dan perbaiki,” imbuhnya. @mpa

Baca Juga :  LIGA CHAMPIONS: Meski Pakai Formasi 6-3-1, Atletico Tetap Keok dari Chelsea

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Program Pinjaman Dana Bergulir Tanpa Bunga dan Jaminan, Aep Hendar Cahyad : 27.000 Debitur Baru BPR Kerta Raharja

Kam Apr 25 , 2024
Silahkan bagikanVISI NEWS | SOREANG – BPR Kerta Raharja Kabupaten Bandung telah merealisasikan program Bupati Bandung Dadang Supriatna melalui pinjaman dana bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan. Program ini dari 13 program prioritas Bupati Bandung yang sudah dirasakan manfaatnya oleh puluhan ribu pelaku usaha di Kabupaten Bandung. Direktur Utama (Dirut) […]