Ditangkap Bersama Barang Bukti Uang Pecahan, Nilai Harta Wali Kota Bandung Yana Mulyana Rp. 8,5 Miliar

Editor Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Sabtu (15/4/2023) pagi ini ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah operasi yang dilakukan lembaga antirasuah ini melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) hingga Jumat (14/5/2023) malam.

Yana diduga menerima suap dari pengadaan Closed Circuit Television (CCTV) yakni penggunaan kamera video untuk mentransmisikan signal video ke tempat spesifik, dalam beberapa set monitor dan jasa penyedia jaringan internet.

Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri menjelaskan ada sembilan orang yang ditangkap bersama Yana. Sebagian merupakan pejabat di Dinas Perhubungan Kota Bandung.

“Jumlah orang yang ditangkap sejauh ini sembilan orang termasuk wali kota dan beberapa pejabat lainnya di Dinas Perhubungan Kota Bandung,” kata Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Sabtu pagi.

Bersama Yana, petugas KPK juga membawa barang bukti berupa uang dalam pecahan rupiah. Namun Ali Fikri tidak menjelaskan nilai uang yang disita petugas KPK tersebut.

“Masih akan dikonfirmasi lebih dahulu kepda para pihak terperiksa,” ungkapnya.

Uang tersebut, kata Ali Fikri, nanti bakal dibeberkan saat KPK mengumumkan status tersangka terhadap mereka.

Dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetorkannya pada 16 Januari 2023 untuk periodik 2022, Wali Kota Bandung yang menggantikan pendahulunya Alm. Oded M. Danial itu memiliki harta senilai Rp 8.551.790.145 (Rp 8,5 miliar).

Dari nilai harta tersebut, Yana memiliki tanah dan bangunan seluas 396 m2/250 m2 di Bandung senilai Rp 5 miliar. Kemudian, Yana tercatat memiliki mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar tahun 2019 senilai Rp 490 juta.

Politisi Partai Gerindra itu juga tercatat memiliki sebuah motor gede alias moge Harley Davidson Sportster tahun 2013 senilai Rp 350 juta. Total, dua unit kendaraannya itu bernilai Rp 840 juta.

Baca Juga :  MAUNG BANDUNG: Robert Mulai Tingkatkan Intensitas dan Volume Latihan

Harta lain Yana berupa harta bergerak lainnya senilai Rp 40 juta, serta kas dan setara kas senilai 2.671.790.145 (Rp 2,67 miliar). Dia tercatat tak memiliki utang.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KESAN Semarakkan Malam Lailatul Qadar dengan Tabligh Akbar di Jakarta

Sab Apr 15 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Dalam rangka menyemarakkan malam Lailatul Qadar, aplikasi KESAN menyelenggarakan acara Tabligh Akbar berjudul “Ramadan Euphoria” di Masjid Raya KH. Hasyim Asy’ari, Jakarta, pada Jumat (14/4). Acara ini menampilkan kombinasi unik antara edukasi dan hiburan, meliputi kuis Islami interaktif, buka puasa bersama, dan tausiyah yang penuh […]