Ditanya Strategi Pembangunan Berbasis Bioregional, Gibran Malah Sindir Muhaimin

Editor Debat Cawapres Mahfud MD, Muhaimin Iskandar dan Gibran Rakabuming Raka, Minggu (21/1/2024). /visi.news/diolah
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan nomor urut 3 Mahfud MD menyerang cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka terkait isu lingkungan hidup dalam debat keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1/2024).

Muhaimin Iskandar, yang berpasangan dengan Anies Baswedan, menanyakan strategi Gibran untuk melaksanakan pembangunan berbasis bioregional agar keadilan iklim, sosial, dan ekologi terwujud. Namun, Gibran malah menyindir Muhaimin yang menggunakan botol minum plastik di meja debat.

“Gus Muhaimin ini lucu ya, menanyakan masalah lingkungan hidup, tapi kok pakai botol-botol plastik itu,” kata Gibran, yang berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Gibran mengatakan, dirinya bersama pasangan calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, menggunakan botol minuman kaca. “Itu komitmennya, semua itu,” ujar Gibran.

Sindiran Gibran ini sontak menuai reaksi dari Mahfud MD, yang berpasangan dengan Ridwan Kamil. Mahfud mengecam Gibran yang tidak menjawab pertanyaan Muhaimin secara substansial.

“Mas Gibran, ini debat bukan sindiran. Kalau mau sindir, sindir dengan data. Jangan sindir dengan botol plastik. Botol plastik itu bisa didaur ulang, bisa dibuang dengan baik. Tapi kalau hutan dibabat, itu tidak bisa dikembalikan,” kata Mahfud.

Mahfud juga menyinggung deforestasi hutan yang terjadi di era pemerintahan Joko Widodo, yang merupakan ayah Gibran. Mahfud mengklaim, deforestasi hutan di era Jokowi mencapai 12,5 juta hektar, lebih luas dari luas wilayah Korea Selatan.

Debat cawapres kali ini mengangkat tema pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. Debat ini merupakan debat terakhir sebelum pemungutan suara pada 14 Pebruari 2024.

Baca Juga :  Wamenag Imbau Sepulang Haji Jemaah Makin Cinta Indonesia dan Sayang Sesama Makhluk

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Zumba Fest, Ketua DPC PKB Dadang Supriatna: Dalam Rangka Silaturahmi Mempersatukan Pegiat Olahraga Masyarakat

Ming Jan 21 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MAJALAYA – Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung Dadang Supriatna beserta istri Emma Dety Dadang Supriatna terlihat riang gembira saat menghadiri kegiatan olahraga masyarakat Zumba Fest yang digelar Relawan Kahiji di Jalan Anyar Desa Majasetra Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Minggu (21/1/2024). Dadang Supriatna dan Emma Dety pun turut […]