Ditunjuk UID Bali, Pepep : Sumedang Akan Menjadi Role Model Nasional Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Digital

Editor Penjabat Sementara Ketua DPW PPP Jabar, Pepep Saeful Hidayat./visi.news/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS |BANDUNG – Diketahui Kabupaten Sumedang ditunjuk menjadi partisipan dalam ajang G20 di Bali pada bulan November mendatang oleh Chancellor United In Diversity (UID).

Ketertarikan UID dalam menunjuk Kabupaten Sumedang dikarenakan pihak UID menilai skema pelaksanaan penurunan stunting ditopang oleh teknologi informasi, dianggap berhasil dalam menurunkan stunting secara signifikan.

“Sumedang akan dieksplorasi dan dipromosikan karena memiliki pengalaman keren dalam penurunan stunting dan penanganan kemiskinan,” kata Anggota DPRD Jabar, Pepep Saiful Hidayat.

Kepada VISI.NEWS, Pepep mengungkapkan, sisi lain, upaya penanganan kemiskinan juga dilakukan dengan pendekatan manajemen kinerja berbasis digital melalui e-SAKIP Desa.

“Program e-SAKIP Desa juga menjadi daya tarik tersendiri UID Bali, sehingga patut di eksplorasi dan dipromosikan dalam G20,” ungkapnya.

Menurut Politisi PPP Jabar dan legislator asal dapil Subang Majalengka Sumedang (SMS) tersebut, membangun platform digital yang masif dan sistemik dalam menangani isu SDGs bukan hal yang mudah.

“Tetapi, Sumedang mampu melakukannya secara akseleratif dalam waktu tiga tahun, hal ini dianggap sukses, kemudian layak dipromosikan,” ujar Pepep.

Berawal dari ketertarikan tersebut, diketahui UID Bali akan membangun kerjasama dengan Kabupaten Sumedang, dan Sumedang akan dijadikan laboratorium Kampus UID.

“Menurut informasi UID tengah merancang skema kerja sama dengan Kabupaten Sumedang juga Tsinghua University China, dimana Sumedang akan menjadi role model,” ucapnya.

Terakhir, dengan dijadikannya role model nasional untuk pembangunan berkelanjutan berbasis digital, nantinya akan dikembangkan menjadi rujukan dunia, hal ini patut untuk diapresiasi.

“Patut diapresiasi dan harus mendapat dukungan dari masyarakat Sumedang dan Jabar pada umumnya, karena dianggap berhasil dalam menjawab berbagai permasalahan krusial SDGs,” pungkasnya. @eko

Baca Juga :  Literasi Digital, Bonus Demografi, Perlindungan Data Pribadi & Pilpres 2024

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polda Jambi Kirim Tim Trauma Healing untuk Keluarga Brigadir J

Jum Jul 15 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAMBI – Kapolda Jambi Irjen Albertus Rachmad Wibowo berkunjung sekaligus melayat dan bersilahturahmi ke rumah duka Brigadir Nofryansah Yoshua Hutabarat atau Brigadi J, yang tewas dalam insiden penembakan di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Kapolda dengam Didampingi Dir Intelkam Polda Jambi Kombes Bondan Witjaksono, […]