Diumpani Seekor Anjing, Si Belang Macan Tutul Tak Berkutik Terjerat Perangkap

Seekor macam tutul yang berhasil ditangkap warga./visi.news/fathan
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Si belang macan tutul yang kerap memangsa ternak milik warga akhirnya berhasil ditangkap oleh warga Dusun/Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (25/6).

Macan tutul tersebut berhasil ditangkap warga sekitar setelah dijebak dengan memasang perangkap yang terbuat dari besi dan diumpani seekor anjing.

Menurut warga setempat, Usat Asna, macan tutul yang tertangkap kali ini merupakan jenis kelamin jantan.

“Macan tersebut dimungkinkan macan tutul yang tertangkap warga dua tahun lalu dan dilepasliarkan kembali oleh pihak berwenang,“ jelasnya.

Menurut Asna, teror macan tutul maupun macan kumbang di kawasan itu sudah cukup lama, terutama di sekitar Desa Cikupa Kecamatan Lumbung dan sudah banyak ternak milik warga yang dimangsa.

“Dalam dua bulan terakhir saja, 8 ekor anjing, 6 ekor ayam bangkok, dan 2 ekor kelinci milik warga telah dimangsa macan,“ katanya.

Asna menambahkan karena merasa jengkel, warga memasang jebakan dengan umpan seekor anjing di tempat yang kerap dilalui macan tersebut.

“Alhamdulilah macan tersebut masuk ke dalam perangkap yang telah sengaja dipasang,“ ucapnya.

Disampaikan Asna, setelah berhasil tertangkap, macan tersebut selanjutanya akan diserahkan kepada petugas BKSDA. Dengan harapan jangan dilepas kembali di sekitar Gunung Sawal.

“Sebab, kalau tetap diliarkan di lokasi yang sama, macan tutul tersebut kemungkinan akan tetap menggasak dan memangsa ternak milik warga, serta tidak menutup kemungkinan ada warga yang menjadi mangsanya, “ Jelas Asna.

Jika BKSDA tetap melepasliarkan kembali macan tutul tersebut di kawasan Gunung Sawal, ada kesan kesengajaan agar masyarakat tidak ada hentinya diteror macan.

“Kami berharap, jangan dilepasliarkan kembali di kawasan Gunung Sawal agar macan tutul tidak kembali masuk ke wilayah permukiman warga,” pungkasnya. @fth

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Panen Perdana Ikan Lele dan Mentimun di Kampung Tangguh Polsek Sukaresik Mendapat Apresiasi

Kam Jun 25 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Gebyar panen perdana ikan lele dan mentimun dilaksanakan oleh Polsek Sukaresik bersama Polres Kota Tasikmalaya dan aparat desa di Kampung Sukamahi, Desa Sukapancar, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (25/6). Panen lele dan mentimun tersebut aebagai rangkaian pembentukan Kampung Tanggunh yang dihadiri oleh Kabag Sumda […]