Doa Memohon Keberkahan Dunia dan Akhirat, Apa Keberkahan Itu?

Editor Ilustrasi. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Keberkahan adalah sesuatu yang sangat diharapkan oleh setiap muslim dalam hidupnya. Keberkahan bermakna bertambahnya kebaikan, kesejahteraan, dan kebahagiaan dari Allah SWT¹. Keberkahan tidak hanya berkaitan dengan banyaknya harta atau umur, tetapi juga dengan manfaat, fungsi, dan kualitasnya².

Salah satu cara untuk mendapatkan keberkahan adalah dengan berdoa kepada Allah SWT. Doa adalah senjata sekaligus permohonan seorang hamba kepada Tuhannya. Dengan berdoa, kita mengakui kelemahan dan ketergantungan kita kepada Allah SWT, sekaligus mengharapkan rahmat dan pertolongan-Nya³.

Ada banyak doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk meminta keberkahan dunia dan akhirat. Salah satunya adalah doa yang sering dibaca setelah shalat, yaitu:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaari.

Artinya: Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa neraka⁴.

Doa ini mengandung permohonan untuk mendapatkan kebaikan di dunia, seperti ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, kesehatan yang prima, dan amal yang diterima. Selain itu, doa ini juga mengandung permohonan untuk mendapatkan kebaikan di akhirat, seperti ampunan, rahmat, syafaat, dan surga⁵.

Selain doa di atas, ada juga doa lain yang bisa dibaca untuk meminta keberkahan, seperti:

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلَامَةً فِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti.

Baca Juga :  Milla Tak Khawatir Kehilangan Dua Pemain Hadapi PSIS

Artinya: Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, kesehatan dalam tubuh, penambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum mati, rahmat saat mati, dan ampunan sesudah mati⁶.

Doa-doa ini sebaiknya dibaca dengan penuh keyakinan, keikhlasan, dan kesungguhan hati. Selain itu, kita juga harus berusaha untuk menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya, serta bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. Semoga dengan demikian, kita bisa mendapatkan keberkahan dunia dan akhirat. Aamiin.

@uli

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Mengenal Tujuh Ulama Pahlawan Nasional

Jum Jan 5 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Kemerdekaan bangsa Indonesia tidak lepas dari peran para pejuang, salah satunya adalah para ulama. Kelompok ini terlibat aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, baik secara fisik maupun fisik. Peran para ulama ini diakui oleh negara dengan diberinya gelar pahlawan nasional. Dalam data Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, […]