Doa Menjelang Bulan Ramadan

Editor :
Ilustrasi/via republika.co.id/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Tak terasa, bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari. Dalam menyambut Ramadhan, ada baiknya umat Islam memperbanyak ibadah-ibadah sunah.

Ada doa masyhur menjelang bertemu bulan Ramadan. Doa ini sering dibaca oleh masyarakat Indonesia yang diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik r.a. dari Nabi Muhammad saw:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma bariklana fi Rajaba wa Sya’bana wa ballighna Ramadhan. “Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Syaban dan sampaikanlah kami pada Ramadan.”

Saiyid Mahadhir menjelaskan dalam bukunya berjudul Menyambut Ramadhan, hadis tersebut dikeluarkan oleh al-Baihaqi di dalam kitab Syu’ab al-Iman, Abu Nu’aim di dalam kitab al-Hilyah, dan ath-Thabrani di dalam al-Mu’jam al-Ausath.

Namun, beberapa ulama menilai hadis tersebut daif karena ada illah pada perawinya, yaitu Zaidah bin Abi ar-Raqqad dan Ziyad an-Numairi. Keduanya dianggap bermasalah oleh para ulama sehingga hadis yang diriwayatkan oleh mereka rata-rata dianggap bermasalah.

Ini berarti doa tersebut tidak kuat disandarkan kepada Nabi Muhammad saw. Akan tetapi, perkara apakah hadis daif itu boleh atau tidak dipakai dalam berdoa adalah hal lain.

Imam an-Nawawi dalam madzhab Sayfi’I dalam al-Majmu mengatakan “Telah kami sampaikan di beberapa tempat (di kitab ini) bahwa semua ahli sepakat untuk mengamalkan hadis daif pada selain penetapan hukum dan ushul akidah.”

Jadi, tidak ada kesalahan dalam mengamalkan doa yang diambil dari hadis daif. Yang tidak boleh dilakukan adalah meyakini dengan sepenuhnya bahwa doa itu adalah doa persis benar-benar dulunya diucapkan oleh Rasulullah. @fen/sumber: republika.co.id

Baca Juga :  Mendagri Minta Influencer Medsos 'Panaskan' Pilkada 2020

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tundukkan PSIS Lewat Adu Penalti, PSM Melangkah ke Semifinal Piala Menpora 2021

Sab Apr 10 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – PSM Makassar berhasil menembus semifinal Piala Menpora 2021. Mereka berhasil menang 4-2 atas PSIS Semarang lewat adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol dalam waktu normal dalam perempat final di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat malam (9/4/2021). PSIS Semarang mendapat peluang pertamanya dalam laga ini pada menit ketujuh. […]