Doa Rasulullah SAW di Awal Tahun Baru, Permohonan Perlindungan dari Iblis dan Nafsu Jahat

Editor Ilustrasi orang berdoa./eramuslim.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Umat Islam di seluruh dunia menyambut tahun baru pada hari Senin, 1 Januari 2024. Tahun baru merupakan momen untuk memanjatkan harapan dan berbenah diri. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan berdoa sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Dilansir dari NU Online¹, ada sebuah doa yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW di awal tahun baru. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan perlindungan dari bujukan Iblis dan para walinya, serta bantuan untuk mengendalikan nafsu yang cenderung berbuat jahat.

Berikut ini adalah lafadz dan arti doa tersebut:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya:

“Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Doa ini dibaca sebanyak tiga kali, baiknya di malam satu Muharram. Selain itu, disarankan juga untuk mengiringi doa ini dengan amalan lain seperti puasa, khataman, sema’an Al-Quran, sedekah, atau aksi positif lainnya.

Baca Juga :  Berkolaborasi dengan Selebriti dan Influencer, Kemenkominfo Tingkatkan Kampanye Berpikir Kritis di Era Digital

Selain doa di atas, ada juga doa lain yang dapat dibaca di awal tahun baru Islam, yaitu doa untuk memperbaiki diri. Doa ini merupakan doa yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW sebelum memulai salatnya, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim².

Berikut ini adalah lafadz dan arti doa tersebut:

اَللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ

Allāhummahdinī li ahsanil akhlāq. Lā yahdī li ahsanihā illā anta. Washrif ‘annī sayyi’ahā. Lā yashrifu ‘anni sayyi’ahā illā anta.

Artinya:

“Ya Allah, bimbimbinglah diriku pada akhlak paling terpuji karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlak yang buruk karena sungguh tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau.”

Doa ini mengandung makna bahwa seorang muslim harus selalu berusaha untuk memperbaiki diri dan meninggalkan segala kemaksiatan. Sebagaimana dijelaskan dalam surat Ar-Ra’d ayat 11, Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.

Semoga Allah SWT menerima doa dan amalan kita di tahun baru ini, dan memberikan kita keberkahan, keselamatan, dan kebahagiaan. Amin.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cuaca Bandung Berawan hingga Hujan di Hari Pertama Tahun 2024

Sen Jan 1 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Kota Bandung menyambut tahun baru 2024 dengan cuaca yang tidak terlalu cerah. Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca di Bandung pada Senin, 1 Januari 2024 akan berawan hingga hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Pada pagi hari, cuaca di Bandung umumnya cerah […]