Doa Sahur yang Dibaca Rasulullah

Editor Ilustrasi puasa./shutterstock/via merdeka.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Salah satu hal yang identik dengan Bulan Ramadhan adalah makan sahur, yaitu sebuah istilah yang mengacu pada makan yang dilakukan dini hari. Mayoritas masyarakat Islam di dunia melaksanakan sahur ketika menjelang adzan Subuh, atau mendekati imsak. Makan sahur sangat disunnahkan bagi orang yang berpuasa.

Rasulullah SAW mengatakan bahwa santapan hidangan sahur itu penuh berkah, sebagaimana dalam keterangan hadist riwayat Ahmad berikut:

وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم السحور كله بركة فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة من ماء فإن الله عز و جل وملائكته يصلون على المتسحرين

Artinya, “Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata bahwa Rasulullah sawbersabda, ‘Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur.” (HR. Ahmad)

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, Rasulullah saw menganjurkan untuk sahur meskipun hanya dengan seteguk air.

وعن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم تسحروا ولو بجرعة من ماء رواه ابن حبان في صحيحه

Artinya, “Dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air,'” (HR Ibnu Hibban).

Orang yang melaksanakan sahur juga dianjurkan untuk membaca doa, berikut adalah doa yang dibaca oleh Rasulullah SAW saat menyantap hidangan sahur, sebagaimana dilansir NU Online.

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Artinya, “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.”

Doa tersebut terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani, dikutip oleh Syekh Abdul ‘Azhim al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wat Tarhib, [Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyyah], cetakan pertama, juz II, halaman 90.

Baca Juga :  Ketua MPR Minta Pemerintah Batalkan PPN Sembako & Pendidikan

وروي عن السائب بن يزيد رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم نِعْمَ السَّحُوْرُ التَّمْر وَقَالَ يَرْحَمُ اللهُ الْمُتَسَحِّرِيْنَ

Artinya, “Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.” Rasulullah SAW lalu berdoa, ‘Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,'” (HR At-Thabarani).

@mpa/nu.or.id

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

REFLEKSI | Ramadan, Tebarkan Cinta

Kam Mar 23 , 2023
Silahkan bagikanOleh Idat Mustari JIKA menggunakan akal bersumbu pendek, tidak salah orang yang bekerja keras mengumpulkan harta kemudian tidak sudi memberikan infaq, shadaqah untuk orang lain.Tidak salah orang yang kurang tidur belajar hingga hapal puluhan—ratusan buku, untuk tidak berbagi ilmu kepada orang lain. Mereka itu tidak  paham, bahwa bershadaqah, berinfak, […]