Dorong Pemekaran Terwujud, Reynaldi : April, DPRD Jabar Siap Mengsidangkan Tiga Kabupaten CPDOB

Editor Anggota DPRD Jawa Barat, Reynaldy Putra Andita Budi Raemi./visi.news/eko aripyanto.
Silahkan bagikan

VISINEWS | BANDUNG – Terdapat tiga Calon Persiapan Daerah Otonom Baru (CPDOB) di Jawa Barat (Jabar) yang rencananya akan disidangkan DPRD Jabar pada April 2022 mendatang.

Anggota Komisi I DPRD Jabar, Reynaldi mengatakan ketiga CPDOB yang akan disidangkan itu diantaranya adalah Kabupaten Tasikmalaya Selatan, Garut Utara dan Cianjur Selatan.

“Sebelumnya Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah mengajukan CPDOB prioritas sebanyak lima wilayah yaitu Kabupaten Sukabumi Utara, Bogor Barat dan Timur, Garut Selatan serta Indramayu Barat,” katanya.

Menurut Reynaldi mengungkapkan, lima wilayah yang diusulkan baru tiga wilayah CPDOB yang telah melebihi targetan pemekaran sesuai RPJMD hingga 2023.

“Yang lima daerah telah diajukan masih dalam proses di pemerintah pusat dan ada beberapa tahap sebelum diputuskan oleh presiden,” ungkapnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, lanjut Reynaldi, setelah mengusulkan pada kemendagri, kemudian membentuk tim independen yang dirumuskan di tingkat DPD dan DPR.

“Disini tim kajian itu mulai turun ke lapangan untuk melakukan analisa, apakah kemudian layak atau tidak untuk dimekarkan,” ujarnya.

Sementara itu, Jabar sendiri sudah melakukan kajian kapasitas daerah (Kapasda) sebagai prasyarat pengajuan ke kemendagri, yang kemudian juga akan dirapatkan di sidang dewan pertimbangan otonomi daerah (DPOD).

“DPOD itu ketuanya wakil presiden, nanti dirapatkan ke tingkat kementerian setelah memenuhi, kemudian dilaporkan ke presiden dan yang memutuskan layak dan tidaknya pemekaran adalah presiden,” ucap Reynaldi.

Terakhir, besar harapan agar DPD dan DPR turut mendorong agar usulan Jabar disetujui presiden, CPDOB patut direalisasikan atas dasar desakan masyarakat guna memaksimalkan pelayanan.

“Agar pelayanan berjalan maksimal, dan masyarakat Jabar terlayani dengan baik, maka CPDOB perlu dilakukan, terlebih warga mencapai 50 juta jiwa,” pungkasnya. @eko.

Baca Juga :  Gus Yahya Ajak Masyarakat Bangun Gerakan Menghidupkan Gus Dur

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Genjot P3DN, Menperin Pimpin Implementasi Belanja Produk Dalam Negeri

Ming Mar 6 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) merupakan salah satu peluang untuk meningkatkan pertumbuhan sektor industri pengolahan dan kontribusinya terhadap ekonomi nasional. Selaku Ketua Harian Tim Nasional (Timnas) P3DN, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyerukan kepada para stakeholder, yang terdiri dari kementerian/lembaga negara, pemerintah daerah, […]