Dua Ekor Beruang Masuk Pasar dan Pemukiman, Warga Heboh

Editor :
Anak beruang yang pernah diselamatkan BBKSDA Riau./liputan6.com/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Dua ekor beruang bikin heboh warga Desa Buatan II, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak. Hewan berkuku panjang itu melintas di Pasar Buatan lalu menghampiri permukiman masyarakat.

Kepala Bidang II BBKSDA Riau Heru Sutmantoro, seperti dikutip dari Liputan6.com, menyebut beruang itu sudah tidak kelihatan lagi pada Rabu kemarin (31/3/ 2021). Kemungkinan sudah masuk ke semak-semak menuju kebun masyarakat ataupun hutan.

“Mudah-mudahan sudah kembali ke hutan dan tidak masuk lagi ke desa itu,” kata Heru.

Kehadiran dua ekor beruang ini, diduga induk dan anak, pertama kali dilaporkan pada Senin, 29 Maret 2021. Pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau sudah ke lokasi untuk memitigasi kehadiran beruang itu.

Heru menyebut pihaknya sudah melakukan antisipasi kalau beruang itu kembali ke permukiman. Salah satunya memasang perangkap kandang dan diberi umpan.

Heru yakin induk dan anak itu merupakan satwa beruang yang dua tahun lalu masuk ke permukiman desa tersebut. Apalagi, setelah mendapat informasi salah satu beruang itu berjalan pincang.

Menurut Heru, keberadaan beruang di kebun ataupun semak-semak merupakan hal biasa di Riau. Apalagi, di Kabupaten Siak antara semak-semak, kebun, dan hutan saling berhubungan.

“Kalau hutan yang masih bagus di Siak itu ada di Taman Nasional Zamrud, mudah-mudahan arah beruang ke sana,” kata Heru.

Kalau tidak ke Zamrud, Heru berharap beruang tadi mengarah ke hutan tanaman industri sejumlah perusahaan. Hutan tanaman industri bisa menjadi habitat beruang meskipun sifatnya sementara. @fen

Baca Juga :  Densus 88 Dilibatkan Ungkap Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Piala Menpora di Si Jalak Harupat Hari ini: Persik vs PSS, Madura United vs Persela

Kam Apr 1 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Persaingan Grup C Piala Menpora 2021 masih sengit. Lima kontestan di grup tersebut masih berpeluang merebut dua tempat teratas untuk melaju ke babak berikutnya. Dua pertandingan Grup C akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Kamis (1/4/2021). Melansir Sindonews, Persik Kediri melawan PSS Sleman digelar lebih […]