Dua Mahasiswi KPI UIN Bandung Berprestasi pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Dispusipda

Editor :
Kampus UIN SGD Bandung./visi.news/isimewa.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Dua mahasiswi Jurusan KPI (Komunikasi Penyiaran Islam) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Ani Yulistiani dan Nuha Nur Syahidah berhasil menoreh prestasi pada Lomba KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang diumumkan Sabtu (5/9).

Dalam keterangan tertulis yang diterima VISI.NEWS, Seni (7/9), lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat dengan tema “Perangi Covid – 19 dengan diam di Rumah” ini merupakan ajang perlombaan yang diperuntukkan bagi khalayak umum.

Banyak masyarakat yang antusias ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, di antaranya pegiat literasi, mahasiswa, dosen, guru, dan wiraswasta.

Perlombaan ini melalui beberapa tahapan seleksi yang sangat ketat dan berlangsung dalam waktu yang cukup panjang, dimulai 14 April 2020, hingga diumumkan pada 5 September 2020.

Perlombaan ini diawali dengan proses penulisan dan pengiriman hasil karya oleh seluruh peserta pada tanggal 14 April hingga 15 Mei 2020.

Peserta diminta membuat KTI dengan memilih salah satu dari enam subtema yang telah disediakan oleh panitia, yaitu Politik, Sosial & Humaniora, Sains & Teknologi, Ekonomi & Pembangunan, Agrokomplek, Hukum dan Pertahanan, dan Kesehatan dengan isi KTI sekitar 5.000 kata.

Kemudian tanggal 20 Mei sampai 25 Juni 2020 dilakukan penilaian oleh dewan juri yang profesional dan kompeten di bidangnya, yaitu Adi Rustadi, S.Pd, dosen FKIP Unpas, dr. Basti Andriyoko, SPPK(K), staf Laboratorium Patalogi RSHS, dan Ir. Jumari Haryadi, penulis dan motivator.

Setelah dilakukan penilaian oleh ketiga dewan juri tersebut, tanggal 2 Juli 2020 diumumkan 21 finalis yang berhasil lolos dan masuk tahap presentasi.

Tercatat dari 21 finalis yang lolos tahap seleksi awal, 12 di antaranya merupakan mahasiswi KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mereka adalah Nuha Nur Syahidah (KPI 2C), Rani Khaerany Rizkiyah (KPI 2D), Afifatus Solichah, (KPI 4A), Ani Yulistiani (KPI 4A), Aniken Yuliana Citra (KPI 4A), Devi Ulfah (KPI 4A), Nada Prima Dewi (KPI 4C), Neng Devi Azizah (KPI 4C), Nadirah (KPI 4C), Putri Nur Pratiwi (KPI 4D), dan Rantika Anggraeni (KPI 4D).

Pada tanggal 14 Juli 2020 tahapan lomba dilanjutkan dengan kegiatan presentasi hasil karya setiap finalis yang berlangsung di Aula Graha Pustaloka Dispusipda Provinsi Jawa Barat, di Jl. Kawaluyan Indah II No. 4 Soekarno Hatta, Bandung.

Dari 21 Finalis, 13 di antaranya presentasi di lokasi kegiatan, sedangkan sisanya presentasi secara virtual dari kediaman masing-masing. Pada tahap ini seluruh peserta melakukan presentasi selama kurang lebih 10 menit dan dilanjutkan dengan sesi pertanyaan dari dewan juri.

Panitia lomba mengumumkan pemenang pada 5 September 2020. Dari 6 pemenang lomba, 2 di antaranya mahasiswi KPI UIN Bandung.

Ani Yulistiani, Mahasiswi KPI semester 4 meraih peringkat V dengan mempresentasikan karya tulis berjudul “Interaksi Simbolik dalam Kegiatan Stay Save di Rumah Aja Guna Putus Rantai Covid-19”.

Sedangkan Nuha Nur Syahidah meraih peringkat VI dengan karyanya yang berjudul “Kajian Tanpa Audience (Khalayak) Sebagai Solusi Alternatif Komunikasi Dakwah Dimasa Physical Distancing Saat Pandemi Covid -19”. Meski Nuha masih berada di semester 3 saat itu, namun Ia mampu menyisihkan peserta lainnya yang lebih senior.

Keberhasilan mahasiswi KPI ini diapresiasi tinggi oleh pimpinan jurusan dan fakultas. Mahasiswa KPI yang masuk 21 finalis ditampilkan dalam Talkshow Series -1 “Mahasiswa Berprestasi” untuk berbagi tips tentang lomba karya tulis ilmiah yang disiarkan langsung melalui Channel Youtube KPI pada Kamis, 9 Juli 2020. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemkab Bantu Petani Salurkan Produk Sayuran Murah Tapi Kualitas Bagus

Sen Sep 7 , 2020
Silahkan bagikan Sekda, “Masyarakat yang berminat bisa menghubungi Pasar Tani” VISI.NEWS – Wabah covid-19 cukup berdampak pada sektor pertanian di Kabupaten Bandung beberapa bulan terakhir. Adapun salah satu dampak yang mempengaruhi kerugian pada sektor pertanian adalah ditutupnya sejumlah pasar di Jakarta. ‚ÄúSebagian besar hasil pertanian di Kabupaten Bandung didistribusikan ke […]