Dugaan Joki Coklit Pantarlih, Bawaslu: Bukan Hanya Sanksi Administrasi, Bisa Masuk Ranah Pidana

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi dan Humas Bawaslu Kabupaten Bandung, Hedi Ardia membenarkan terkait ditemukannya perjokian Coklit di Pantarlih dibeberapa kecamatan.

Diberitakan sebelumnya oleh VISI.NEWS, informasi adanya dugaan tersebut berdasarkan hasil pemantauan Lembaga Swadya Masyarakat (LSM) Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP).

Hedi mengatakan, pihaknya telah mengintukriksikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk memberikan saran perbaikan kepada Panitia Pemilu Kecamatan (PPK).

“Banyak saran perbaikan oleh Panwascam kepada tiap-tiap PPK, tinggal bagaimana PPK di sisa masa waktu Coklit agar bisa terus memperbaiki mekanisme dan prosedur pencoklitan karena masih ada ditemukan laporan pantarlih yang melakukan joki,” ungkap Hedi saat dihubungi VISI.NEWS Sabtu (11/3/2023).

Lebih lanjut, Hedi menjelaskan bahwa pelanggaran dari ulah joki tersebut bukan hanya pelanggaran administrasi saja, tetapi kemungkinan akan bisa di bawa ke ranah pidana.

“Meskipun itu pelanggaran administrasi, tetapi bukan tidak mungkin menjadi pidana, bila praktiknya ada perubahan data diri atau orang lain sehingga akan berdampak pada hak pilih seseorang dalam pemilu, hati-hati ini,” tegasnya.

Selain itu dirinya mengajak kepada masyarakat agar bisa mengawasi proses pencoklitan di wilayah masing-masing.

“Untuk itu, masyarakat harus berperan ikut awasi proses coklit, jangan sampai hak mereka hilang, jika menemukan kejadian serupa segera melaporkan pada Pengawas,” pungkasnya. @gvr

Baca Juga :  Usai Ambrol Polisi Menutup Sementara Wahana KenPark

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Khofifah Hadiri Haul Agung ke 546 Sunan Ampel

Sab Mar 11 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Pada Haul Agung ke-546 Sunan Ampel, Gubernur Khofifah, menyebut bahwa salah satu Wali dari Wali Songo tersebut memiliki karomah yang sangat besar. “Masing-masing Wali Songo memiliki karomah masing-masing. Ketika berbicara revolusi mental, maka kita berbicara soal karakter bangsa. Itulah yang ditanamkan oleh Sunan Ampel, karakter […]