Dugaan Korupsi Megaproyek di DPRD Jabar, KPK Didorong Periksa Eksekutif

Editor Ilustrasi kasus korupsi./detik.com/ilustrator: edi wahyono/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – KPK bakal mengusut dugaan korupsi megaproyek di DPRD Jawa Barat. Pakar hukum Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Musa Darwin Pane meminta KPK turut mengusut pihak eksekutif.

“Saya setuju dengan KPK yang akan mengusut dugaan korupsi megaproyek di DPRD. Namun, penegakan hukum harus berkeadilan. KPK periksa juga pihak eksekutif,” ucap Musa dilansir detikcom, Selasa (15/6/2021).

Dosen Fakultas Hukum Unikom ini menilai dalam perkara tersebut keterlibatan eksekutif sangat dimungkinkan sehingga, kata dia, KPK perlu cermat mengusut kasus itu.

“Karena dalam perkara korupsi demikian, kemungkinan besar ada dua oknum yang saling bekerja sama di antara eksekutif dan legislatif. Karenanya, KPK harus adil, cermat memeriksa semua pihak terkait,” tutur Musa.

Sebelumnya, mahasiswa yang tergabung dalam GMKI, KAMMI, PMKRI, HMI, dan HIKMAHBUDI mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut tuntas kasus dugaan korupsi mega proyek di DPRD Jabar.

Ketum HMI Badko Jawa Barat Khoirul Anam mengatakan pihaknya minta atensi khusus kepada KPK agar kejadian OTT terkait Banprov di Kabupaten Indramayu tidak terjadi di kota kabupaten lain di Jabar.

“Kasus sudah di-handle oleh KPK, dari zaman OTT Bupati di Indramayu. Cuma, penanganannya kalau kita lihat terpolarisasi. Kedua, tidak ada evaluasi baik di DPRD untuk mengevaluasi sistem dalam pokok-pokok pikiran. Kalau dari kita minta atensi khusus dari KPK karena pola tersebut objeknya di Indramayu dan itu memungkinkan terjadi di kota/kabupaten lain,” kata Khoirul via sambungan telepon, Minggu (13/6).

KPK merespons hal tersebut. KPK sudah menerima atensi terkait adanya kasus dugaan korupsi megaproyek di DPRD Jawa Barat (Jabar). KPK berkomitmen untuk menuntaskan dugaan korupsi tersebut tanpa pandang bulu.

Baca Juga :  Kapolri Akui UU ITE Berpotensi Dipakai untuk Kriminalisasi

“KPK memberikan perhatian terhadap perkara korupsi. KPK sangat merespons dugaan perkara korupsi yang terjadi berbagai pihak baik eksekutif maupun legislatif termasuk di Jabar,” kata Ketua KPK Firli Bahuri kepada detikcom, Senin (14/6).

“KPK tetap berkomitmen untuk menuntaskan perkara korupsi tersebut, siapa pun pelakunya,” ucap Firli menambahkan. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Camat Cimenyan Bedah Potensi Desa Wisata

Rab Jun 16 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ketua Forum Camat Kabupaten Bandung Ahmad Rizky Nugraha mengungkapkan bahwa desa-desa di Kabupaten Bandung berharap bisa menjadi desa wisata dengan menonjolkan aspek budaya atau lingkungan di desa tersebut. Rizky yang juga menjabat sebagai Camat Cimenyan mengatakan bahwa kunci keberhasilan menjadikan desa wisata itu, bagaimana bisa menonjolkan potensi- […]