DUNIA ISLAM: Muslim Makin Banyak, Masjid pun Menjamur di Jepang

Editor Muslim makin banyak, masjid di Jepang menjamur./via republika.co.id/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Beberapa tahun belakangan ini terlihat peningkatan jumlah pelajar dan pekerja dari negara-negara Islam yang datang ke Jepang. Tidak jarang, penambahan ini juga mempengaruhi bertambahnya umat Islam dan masjid yang didirikan di berbagai wilayah di Jepang.

Berdasarkan penelusuran Guru Besar Teori Sosial Asia di Fakultas Ilmu Manusia Universitas Waseda Hirofumi Tanada, pada akhir 2018 terdapat 105 masjid di 36 dari 47 prefektur di Jepang.

Alih-alih hanya menjadi tempat ibadah, mereka juga melayani dan menawarkan kesempatan bagi muslim untuk bersosialisasi dan pendidikan.

Dengan semakin banyaknya masjid didirikan, apakah masyarakat Jepang dapat menjalani hidup berdampingan dengan umat Islam? Belum lagi dengan adanya masjid artinya akan selalu ada azan yang dikumandangkan setiap lima waktu.

Lafaz “Allahu akbar,” akan lebih sering menggema, salah satunya dari Pusat Penelitian Islam Jepang, yang terletak di lantai empat sebuah bangunan di pinggiran Yawata, Prefektur Kyoto, Jepang barat. Pusat ini menjadi tempat berkumpul muslim di sana.

Ramzan Mirza (53 tahun) menjalankan perusahaan perdagangan di dekatnya, membeli bangunan itu 10 tahun lalu dan membukanya sebagai masjid delapan tahun kemudian. Mirza datang ke Jepang sekitar tiga dekade lalu dari Bangladesh.

Menurut Mirza, daerah itu memiliki banyak perusahaan yang terkait dengan bisnis mobil bekas, dan secara bertahap lebih banyak orang dari negara-negara mayoritas muslim berkumpul.

“Bisnis perusahaan saya sudah stabil, jadi saya memutuskan ingin membuat ruang yang bisa membantu umat Islam di sini,” katanya dilansir republika.co.id dari The Mainichi, Senin (11/1/2021). @fen

Baca Juga :  Ketua KONI : Kabupaten Bandung Sertakan 55 Cabor pada Porprov XIV 2022

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Hikmah Salat Berjemaah

Ming Jan 31 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pilar Islam hanya dapat tegak apabila umatnya saling mengenal, menunjukkan solidaritas, dan bekerja sama dalam menegakkan kebenaran dan membasmi kebatilan. Tidak ada tempat lain yang lebih baik bagi solidaritas dan persaudaraan itu daripada masjid. Maka, di saat itu kaum muslim bersama-sama melaksanakan salat berjemaah lima kali dalam […]