EDRR Indonesia 2023: Pameran Terkemuka dalam Bidang Tanggap Bencana dan Kesiapsiagaan Hadir di Indonesia Oktober Ini

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Comexposium Group, Shanghai Council for the Promotion of International Trade, Shanghai International Exhibition (Group) Co., Ltd, menggelar Emergency and Disaster Reduction & Rescue Expo (EDRR) Indonesia 2023. Ajang internasional yang sangat dinantikan ini mengangkat solusi tanggap bencana dan kesiapsiagaan bagi sektor swasta dan publik di Asia Pasifik. EDRR Indonesia 2023 akan berlangsung pada 19-21 Oktober 2023 di Jakarta International Expo.

Melanjutkan kesuksesan EDRR sebelumnya yang digelar di Shanghai dan Chongqing, EDRR Indonesia akan diikuti lebih dari 10.000 praktisi industri, serta lebih dari 200 ekshibitor dari kalangan perusahaan asal Australia, Tiongkok, Jerman, Jepang, Malaysia, Singapura, Türkiye, Inggris, dan Amerika Serikat. Banyaknya peserta internasional yang mengikuti EDRR Indonesia 2023 membuktikan peran penting Indonesia sebagai titik pertemuan industri, serta sarana yang paling efektif untuk kerja sama dan berbagi pengalaman tentang manajemen tanggap darurat di Asia Pasifik.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) mendukung ajang ini sebagai instansi yang sangat berperan dalam penanganan bencana dan tanggap darurat di Indonesia. BNPB berfungsi sebagai instansi utama yang menjalankan koordinasi, berfokus pada penurunan risiko, kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan bencana. Lewat kolaborasi dengan beragam pemangku kepentingan, BNPB meningkatkan ketahanan nasional dan mengurangi dampak negatif dari bencana. Bersama BASARNAS, BNPB berperan penting menyelamatkan jiwa manusia, memitigasi dampak bencana, serta membantu komunitas dalam pemulihan bencana.

Council for the Promotion of International Trade Anhui Sub-council (China Chamber of International Commerce, Anhui Chamber of Commerce), Council for the Promotion of International Trade Shandong Sub-council (China Chamber of International Commerce, Shandong Chamber of Commerce), Council for the Promotion of International Trade Guangxi Committee (Guangxi Chamber of International Commerce), serta China Great Wall Industry Corporation aktif terlibat membantu perusahaan lokal di Tiongkok untuk menjajaki pasar internasional, meningkatkan kapabilitas pencegahan bencana, serta membina kerja sama internasional dalam bidang tanggap bencana.

Baca Juga :  Demo Besar Tolak Tapera akan di Gelar 60 Serikat Buruh di Istana Kepresidenan

EDRR Indonesia akan memamerkan berbagai jenis solusi pencegahan dan mitigasi bencana, peralatan penyelamatan, layanan terkait, alat pelindung diri, layanan industri keamanan, ilmu keselamatan kerja, alat pemadam kebakaran, alat penyelamatan komprehensif, alat keamanan publik dan polisi, pengendalian bencana banjir dan drainase perkotaan, alat pelindung keselamatan kerja di industri, materi pencegahan epidemi, layanan industri tanggap darurat, serta pengalaman tanggap darurat dan popularisasi sains. Maka, pengunjung pameran dapat berinteraksi dengan ekshibitor sekaligus mencoba peralatan dan layanan tanggap darurat dan penyelamatan terbaru.

Mengingat letak geografis Indonesia yang berada dalam jalur Cincin Api Pasifik dan Sabuk Alpide, ancaman yang dihadapi negara ini hanya dapat dimitigasi dengan efektif melalui petugas yang terlatih dan memiliki peralatan lengkap. Untuk itu, EDRR Indonesia ingin membahas berbagai jenis ancaman terhadap kehidupan dan infrastruktur nasional yang semakin memburuk akibat perubahan iklim.

Sekilas EDRR Indonesia:

Teknologi Mutakhir: Mengeksplorasi produk, peralatan, dan solusi teknologi mutakhir yang meningkatkan tanggap bencana dan kesiapsiagaan darurat.

Pameran Interaktif: Berinteraksi dengan layar dan simulasi interaktif yang meniru skenario darurat secara realistis, memberikan pembelajaran yang lebih mendalam tentang tantangan dan solusi dalam penanganan bencana.

Pandangan dari Pakar: Anda dapat belajar dari pakar industri dan pemuka opini lewat diskusi panel, seminar, dan presentasi yang membagikan pengalaman mereka, serta mengulas sejumlah isu penting dalam tanggap bencana.
Kesempatan Memperluas Jaringan: Anda dapat bertemu dengan praktisi dari berbagai sektor, termasuk layanan tanggap darurat, instansi pemerintah, lembaga nirlaba, serta pelaku industri swasta, menjalin kolaborasi dan kemitraan.

Tren dan Inovasi Baru: Anda juga dapat mempelajari masa depan penanganan bencana dan mengeksplorasi sarana khusus yang memperlihatkan tren baru, proyek riset, dan inovasi visioner yang kelak menghadirkan terobosan dalam tanggap bencana.
“Kami gembira menggelar ajang internasional dan berskala besar yang mengulas segala hal tentang tanggap bencana dan kesiapsiagaan,” ujar Andrew Marriott, Managing Director, Comexposium Singapore. “Indonesia menghadapi berbagai jenis insiden, termasuk bencana kebakaran, banjir, tanah longsor, gempa bumi, gangguan ketertiban umum, kecelakaan industri, polusi, badai, dan keselamatan transportasi. Kami ingin mempertemukan pakar, praktisi, dan pemangku kepentingan guna membahas dan memamerkan teknologi, peralatan, dan layanan terbaru dalam penanganan bencana dan mitigas bencana yang efektif. Keselamatan masyarakat Indonesia harus selalu menjadi prioritas.”

Baca Juga :  Belajar It Sambil Jaga Warnet, Anak Pedagang Kerupuk ini Sabet Beasiswa SEMESTA

EDRR Indonesia mengundang seluruh pemangku kepentingan yang berinvestasi dalam tanggap bencana dan kesiapsiagaan di Jakarta International Expo pada 19-21 Oktober 2023. Mari bekerja sama, memperkuat komitmen untuk melindungi masyarakat, serta membangun masa depan yang tangguh.

@mpa

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dirjen HAM Apresiasi Komitmen Kemenkumham Jatim dalam Ciptakan Pelayanan Publik

Kam Jun 8 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MALANG – Kanwil Kemenkumham Jatim berkomitmen penuh menciptakan pelayanan publik yang berperspektif HAM. Salah satunya dengan menggelar Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM hari ini (8/ 6). Spesialnya, pencanangan yang diikuti seluruh UPT Jajaran itu disaksikan langsung Dirjen HAM Dhahana Putra. Kegiatan yang digelar Ballroom Hotel Grand Mercure […]