Ekonom Rizal Ramli Wafat

Editor Rizal Ramli. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Indonesia kehilangan salah satu tokoh ekonomi terbaiknya. Rizal Ramli, yang pernah menjabat sebagai menteri di beberapa kabinet, meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024) pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Beliau mengidap sakit yang sudah lama dideritanya.

Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada 10 Oktober 1954. Ia menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan meraih gelar sarjana teknik industri pada tahun 1979. Ia melanjutkan studinya di Boston University, Amerika Serikat, dan mendapatkan gelar master dan doktor di bidang ekonomi pada tahun 1984 dan 1988.

Sejak muda, Rizal Ramli sudah aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan politik. Ia pernah menjadi anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Ia juga pernah menjadi peneliti di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) dan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).

Karir politik Rizal Ramli dimulai ketika ia diangkat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) oleh Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pada tahun 1999. Ia kemudian menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri pada tahun 2000-2001, Menteri Keuangan pada tahun 2001, dan Menteri Koordinator Bidang Maritiman dan Sumber Daya pada tahun 2015-2016.

Salah satu kontribusi Rizal Ramli yang paling dihargai adalah ketika ia berhasil menegosiasikan restrukturisasi utang Indonesia dengan Bank Dunia, IMF, dan negara-negara donor pada tahun 2000. Ia berhasil menurunkan bunga utang dari 7,5 persen menjadi 3,5 persen, dan memperpanjang jangka waktu pembayaran dari 15 tahun menjadi 35 tahun. Hal ini menghemat anggaran negara sebesar 54 miliar dolar AS.

Baca Juga :  Hit Terbesar Metaverse: LISA Bergabung dengan MetaCity M sebagai Model

Rizal Ramli juga dikenal sebagai sosok yang kritis, tegas, dan berani dalam menyuarakan pendapatnya tentang berbagai isu ekonomi dan politik di Indonesia. Ia juga dikenal sebagai “Sang Penerobos” karena ide-idenya yang tidak konvensional namun tepat sasaran, dan berpihak pada kepentingan rakyat. Ia pernah mengkritik rencana reklamasi Teluk Jakarta yang dinilainya merugikan masyarakat nelayan dan merusak ekosistem. Ia juga pernah mengusulkan pembangunan terowongan bawah laut yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera sebagai alternatif dari proyek Jembatan Selat Sunda yang dianggapnya tidak efisien dan berisiko gempa.

Berbagai tokoh nasional dan internasional menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Rizal Ramli. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya yang berjasa dalam bidang ekonomi dan pembangunan. “Saya mengenal Pak Rizal Ramli sebagai sosok yang cerdas, visioner, dan berintegritas. Beliau banyak memberikan masukan dan saran yang berharga bagi pemerintah. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran,” ujar Presiden dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, yang pernah menjadi atasan dan sahabat dekat Rizal Ramli, semasa hidupnya pernah menyebut bahwa almarhum adalah sosok yang loyal, jujur, dan berani. “Beliau adalah teman yang setia, tidak pernah meninggalkan saya di saat-saat sulit. Beliau juga tidak pernah takut menghadapi tekanan dan ancaman dari pihak-pihak yang tidak senang dengan kebijakan-kebijakan kami. Beliau adalah pejuang yang gigih untuk kesejahteraan rakyat Indonesia,” kata Gus Dur.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cuaca Bandung pada Rabu (3/1/12024), Pagi Cerah Berawan Siang Hujan Disertai Petir

Rab Jan 3 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Sebagian wilayah Bandung pada Rabu (3/1/2024) subuh diguyur hujan, namun mulai pagi akan mengalami cuaca cerah berawan sepanjang hari ini, Rabu (3/1/2024). Suhu udara berkisar antara 18-30 derajat Celsius dengan kelembapan 65-95 persen. Menurut data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pukul 07.00 WIB, […]