FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra (KBA) Binaan Pertama di Kota Depok

Editor FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra (KBA) Binaan Pertama di Kota Depok. /visi.news/ist
Silahkan bagikan
  • KBA FIFGROUP yang dibangun di Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok merupakan salah satu inisiatif baru perseroan sekaligus menjadi KBA pertama yang dibina langsung oleh FIFGROUP.
  • KBA Binaan FIFGROUP berupaya mengembangkan potensi keberlanjutan dari kualitas hidup warga Kelurahan Duren Seribu sekaligus mengatasi isu sosial dan lingkungan melalui inisiatif 4 (empat) Pilar FIFGROUP.
  • FIFGROUP bersama dengan Pemerintahan Kota Depok mewujudkan program sinergis itu dengan melakukan peresmian pada Jumat, 3 Mei 2024, yang ditandai dengan pemotongan pita Bersama Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

VISI.NEWS | DEPOK – Di dalam ruang Hall Rukun Warga (RW) di Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, suasana penuh keceriaan menyelimuti setiap sudut. Sinar matahari yang cerah menyinari ruangan melalui jendela-jendela, memberikan sentuhan hangat yang memancarkan kebahagiaan. Dengan penuh semangat, beberapa tenaga desa bergerak cepat menyiapkan segala perlengkapan yang diperlukan.
Ruangan itu menjadi saksi pada salah satu bentuk nyata dari komitmen PT Federal International Finance (FIFGROUP) dalam peresmian Kampung Berseri Astra (KBA) Binaan FIFGROUP di Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. Sebagai bagian tak terpisahkan dari komitmen Grup Astra terhadap pembangunan komunitas, Kelurahan Duren Seribu menjadi KBA pertama yang dibina secara langsung oleh FIFGROUP.

Melalui kolaborasi dengan masyarakat dan pemerintahan daerah setempat, program ini bertujuan mewujudkan desa yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif, sehingga meningkatkan kualitas hidup warga secara berkelanjutan.
FIFGROUP bersama dengan Pemerintahan Kota Depok mewujudkan program sinergis itu dengan melakukan peresmian KBA Binaan FIFGROUP pada Jumat, 3 Mei 2024. Peresmian itu ditandai dengan pemotongan pita yang dihadiri Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

“Inisiatif seperti KBA adalah langkah konkret dalam mewujudkan visi Kota Depok sebagai kota yang sejahtera dan ramah lingkungan. Kami sangat berterima kasih atas komitmen FIFGROUP dalam mendukung pembangunan komunitas lokal”, tutur Mohammad Idris.

Baca Juga :  KPw BI Solo Gelar "Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS" Ketiga Tahun 2020

Selain itu, turut hadir jajaran direksi dan manajamen FIFGROUP, yaitu Director in Charge (DIC) Corporate Communication, Enviroment Health Safety & Social Responsibility (EHSSR), dan Sustainability FIFGROUP, Esther Sri Harjati; Head of Social Engagement Astra, Triyanto; dan EHSSR & Sustainability Management FIFGROUP, Charles DW Simaremare. Jajaran Pemerintahan Daerah Kota Depok yang hadir meliputi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Depok, Elly Farida; Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Widyati Riyandani; Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdul Rahman; Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Nessy Annisa Handari

Acara kick off meliputi kegiatan seremonial yang diikuti oleh warga kampung binaan dan kunjungan ke berbagai fasilitas yang telah dibangun seperti Posyandu, Taman Baca, Rumah Pembibitan, Rumah Maggot dan Bididaya Ikan dalam Emeber (Budikdamber) sebagai bagian dari inisiatif pengembangan komunitas dalam program KBA FIFGROUP.
Hingga tahun 2023, Grup Astra telah membina 194 KBA. Secara khusus, peresmian Kelurahan Duren Seribu sebagai KBA menandai desa pertama yang dibina langsung oleh FIFGROUP. Kelurahan Duren Seribu dipilih karena potensi pengembangan yang berkelanjutan dalam hal kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, dan lingkungan.

Melalui pelaksanaan KBA, FIFGROUP berupaya mengembangkan potensi keberlanjutan dari kualitas hidup warga Kelurahan Duren Seribu sekaligus berkontribusi terhadap pengentasan isu sosial dan lingkungan di daerah melalui sejumlah inisiatif dari keempat pilar Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP, yakni FIFGROUP Sehat, FIFGROUP Pintar, FIFGROUP Sejahtera, dan FIFGROUP Lestari.

Dari pilar FIFGROUP Sehat, program akan mencakup kampanye kesadaran hidup bersih dan sehat, lokakarya kesehatan untuk remaja dan ibu hamil, pendirian dan peningkatan Posyandu untuk remaja dan lansia, serta pelatihan bagi kader Posyandu untuk mengatasi masalah stunting dan kesehatan lainnya.

Baca Juga :  Tragis! Persib Hancur Lebur Dibantai Juku Eja PSM 1-5

Dari pilar FIFGROUP Pintar, upaya akan difokuskan pada penyediaan infrastruktur untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui PAUD Mawar Seribu, penyediaan buku dan mainan di taman baca, serta pelatihan untuk guru PAUD guna meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di Kelurahan Duren Seribu.
Selain itu, dari pilar FIFGROUP Sejahtera, dukungan akan diberikan untuk pengembangan usaha lokal melalui dana bergulir untuk UMKM atau pembiayaan tanpa bunga, dan lokakarya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan wirausaha lokal.

Terakhir, dari pilar FIFGROUP Lestari, inisiatif akan mencakup perluasan area hijau dan penerapan praktik pertanian yang berkelanjutan melalui rumah pembibitan dan rumah maggot, lokakarya Kelompok Wanita Tani, dan penyediaan alat serta pelatihan untuk budidaya ikan dalam ember (Budikdamber).

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Promo MG di PEVS 2024! Gratis Mobile Home Charging hingga Garansi Baterai Seumur Hidup

Sab Mei 4 , 2024
Silahkan bagikan  VISI.NEWS | JAKARTA – Morris Garages (MG), menyusul kesuksesannya berpartisipasi pada ajang bergengsi Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, berikan sederet promo eksklusif bagi konsumen yang ingin merasakan serunya berkendara listrik. Promosi ini merupakan salah satu wujud komitmen MG Motor Indonesia dalam menyediakan akses yang lebih luas dalam […]