Filipina Raih Emas Pertama Sepanjang Sejarah Olimpiade

Editor Filipina raih emas pertama sepanjang sejarah Olimpiade./foto: getty images/chris graythen/via detiksport/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Filipina menorehkan sejarah di Olimpiade Tokyo 2020. Filipina mendapatkan medali emas pertama sejak keikutsertaan mereka di Olimpiade pada 1924.

Melansir Detiksport, emas pertama Filipina di ajang Olimpiade disumbangkan oleh lifter, Hidilyn Diaz. Diaz menjadi yang terbaik pada cabang angkat besi nomor 55kg putri dalam pertandingan yang digelar di Tokyo International Forum, Senin (26/7/2021).

Diaz mencatatkan total angkatan 224 kg dari 97kg di angkatan snatch dan 127kg di clean & jerk. Torehan ini juga menjadi rekor baru di Olimpiade.

Diaz mengungguli catatan lifter China, Liao Qiuyun yang membuat total angkatan 223kg (97 kg di snatch dan 126 di clean & jerk).

Liao Qiuyun harus rela dengan raihan perak. Sementara, perunggu menjadi milik atlet Kazakhstan, Zulfiya Chinshanlo yang membuat total angkatan 213kg (90kg di snatch dan 123 di clean & jerk).

Diaz tampak begitu terharu dengan capaiannya ini. Wanita 30 tahun itu menangis di podium saat menyanyikan lagu kebangsaan Filipina usai meraih emas.

Capaian ini membuat Diaz saat ini menjadi satu-satunya atlet Filipina yang mampu meraih dua medali di Olimpiade. Sebelumnya, ia mampu meraih perak di Olimpiade 2016.

Tambahan emas dari Diaz membuat Filipina total telah mengumpulkan 11 medali sejak pertama kali ikut serta di Olimpiade pada 1924. Rinciannya adalah satu medali emas, tiga perak dan tujuh perunggu.

Untuk di Olimpiade Tokyo 2020 sendiri, Filipina saat ini mengumpulkan satu emas dan satu perunggu. Filipina menempati posisi ke-16 dalam klasemen medali. @fen

Baca Juga :  Hasil dan Klasemen Liga Inggris Pekan ke-10, Chelsea vs Spurs Seri, MU Menang, Arsenal Terjegal

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Heboh Warung Ramen di Garut Bikin Promo yang Tak Berlaku untuk Presiden

Sel Jul 27 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Warung ramen di Kabupaten Garut, Jabar, bikin geger. Mereka memasang baliho promo beli satu gratis satu untuk semua orang, kecuali…. Presiden Jokowi. Baliho tersebut dipasang di sebuah warung ramen bernama Ranjang 69 yang berada di dekat Stadion Jayaraga, tepatnya di kawasan Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogongkidul, Garut. Melansir […]