Fokus Peningkatan Budaya HSSE, Elnusa Raih Penghargaan World Safety Organization Indonesia 2022

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – PT Elnusa Tbk (Elnusa) anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina raih penghargaan bintang empat – GOLD dalam gelaran acara World Safety Organization (WSO) Indonesia Safety Culture Award (WISCA) 2022. Apresiasi ini diberikan kepada perusahaan yang telah berkomitmen dan fokus secara berkelanjutan dalam implementasi budaya dan penerapan aspek K3 di lingkungan kerja. Dalam acara, hadir mewakili Direksi Elnusa, VP of HSSE Elnusa, Ramon Arias Pili untuk menerima penghargaan secara daring (22/02).

Chairman WSO Indonesia, Soehatman Ramli mengapresiasi setinggi-tingginya kepada 58 pimpinan perusahaan yang telah terlibat dalam kegiatan WISCA sejak awal, sehingga kegiatan tahunan ini bisa terlaksana. Ia berharap WISCA bisa terus dilakukan hingga terciptanya Indonesia Berbudaya K3 Berkelas Dunia, dengan peserta yang lebih banyak lagi.

Mewakili Direksi Elnusa, VP of HSEE Elnusa, Ramon Arias Pili mengatakan “Penghargaan ini merupakan bukti nyata konsistensi dan juga komitmen serta dukungan Management Elnusa dalam mengimplementasikan budaya HSSE di lingkungan kerja Elnusa Group. Komitmen tersebut diimplementasikan melalui beberapa kegiatan seperti Management Walk Through (MWT) dan Komite HSSE sebagai bentuk komitmen dan komunikasi antara Direksi, Management dan Pekerja. Kedua program ini tidak hanya dijalankan oleh fungsi HSSE, namun melibatkan secara aktif segenap pekerja mulai dari level pekerja di lapangan hingga Top Management seperti Dewan Komisaris dan juga Direksi dalam mengukur dan memonitor penerapan HSSE Golden Rules Patuh, Peduli dan Intervensi dilakukan secara nyata oleh Pekerja.”

Dari sisi komunikasi, Elnusa secara massif melakukan kampanye HSSE seperti Live Saving Rules juga kampanye HSSE lainnya yang dilakukan secara tersebar di Internal Elnusa hingga ke semua lini bisnis yang berada di Lapangan juga Head Office. Tidak hanya itu, pada akhir 2021 lalu, Elnusa melibatkan Mitra Kerja dalam gelaran acara Elnusa Contractors HSSE Meeting (ENCORE), kegiatan ini digelar untuk menciptakan sinergi, kolaborasi serta engagement dalam mewujudkan HSSE Excellence melalui pemenuhan kriteria pelaksanaan Contractor Safety Management System (CSMS) oleh mitra kerja Elnusa secara lengkap.

Baca Juga :  Pembangunan Taman Budaya masih Dibahas, Erwin Prioritaskan Rehab Rutilahu

Selain itu, untuk meningkatkan kompetensi melalui knowledge juga engagement, Elnusa menggulirkan tiga program di antaranya HSSE School, HSSE + dan HSE 101 yang melibatkan pekerja di fungsi HSSE Elnusa Group, mulai dari Officer hingga Top Management.

Ramon menambahkan, “Melalui serangkaian program unggulan yang dijalankan dalam upaya peningkatan budaya HSSE menuju level Generative ini, sepanjang 2021 Elnusa mencatatkan  40, 1 juta jam kerja dengan Kinerja HSSE Elnusa Group berhasil mencapai target Zero Fatality & Zero LTI.”

“Pengakuan melalui penghargaan ini menunjukkan bahwa upaya yang dijalankan Elnusa sebagai Perusahaan Jasa Migas Nasional yang selalu mengutamakan dan menjadikan HSSE sebagai budaya kerja, Management meyakini hal ini mampu terus mendorong capaian Visi Misi Elnusa saat ini dan ke depan. Atas hal tersebut Management Elnusa terus berkomitmen untuk memberikan solusi total pada jasa migas dari hulu hingga hilir terbaik yang aman dan berkelanjutan dan pada akhirnya mampu mendukung dalam pemenuhan target produksi 1 juta barrel minyak per hari dan 12 miliar kaki kubik gas per hari (bscfd) pada 2030 untuk Indonesia.” Tutup Ramon. @alfa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PLTGU Jawa-1 Berhasil Lakukan First Fire Unit 1

Kam Feb 24 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – PLTGU Jawa-1 sudah mencapai milestone First Fire pada 23 Februari 2022 untuk Unit 1 dan akan segera disusul untuk Unit 2. Pembangkit berbahan bakar gas terbesar di Asia Tenggara ini diharapkan dapat Commercial Operation Date (COD) pada semester ini. First Fire adalah penyalaan perdana atau […]