Forkompinda Jabar dan Kepala BNPB Datangi Lokasi Longsor Cimanggung Sumedang

Editor :
Jajaran Forkompinda Jabar dan Kepala BNPB datangi lokasi bencana longsor Cimanggung, Sumedang. Jawa Barat./visi.news/yaso.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Porkompinda), Gubernur Jabar, Kapolda Jabar, Pangdam III Siliwangi dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana datangi lokasi banjir dan longsor Kec. Cimanggung, Kabupatèn Sumedang, Minggu (10/1/2021).

Yang pertama datang ke lokasi longsor di Kp. Cipareuag dan Kp. Bojongkondang Sukadana, Kec. Cimanggung, Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri, kemudian Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, disusul Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. Terakhir yang datang Kepala BNPB, Lejten (Inf) Doni Monardo.

Saat kunjungan ke lokasi bencana longsor, Doni mengerahkan bantuan tunai Rp 1 miliar. Sementara Gubernur Jabar menyerahkan bantuan Rp 150 juta.

Saat menyerahkan bantuan Rp 1 M di lokasi pengungsian, kepada wartawan Dono menyatakan ikut prihatin atas musibah ini, apalagi meminta korban aparat saat di lokasi kejadian.

“Untuk meringankan beban para korban kita telah memberikan bantuan. Kita berharap warga yang masih dekat di lokasi longsor mau direlokasi dan saat ini sudah 150 KK telah diungsikan,” kata Doni.

Sementara itu Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, hingga saat ini meski 11 korban telah ditemukan tewas, tim gabungan masih teus berusaha mencari dan mengevakuasi dugaan masih ada korban yang diduga masih tertimbun.

“Belum bisa memastikan berapa orang korban yang diduga masih tertimbun longsor. Tim gabungan terus berasaha mendata dan mencarinya,” kata Jenderal bintang 2 ini.

Menurutnya, pencarian harus ekstra hati-hati karena melihat kontur tanahnya di lokasi longsor labil.

“Kita belum bisa menargetkan sampai kapan pencarian karena tanahnya labil ditambah cuaca ekstrem. Yang pasti tim gabungan kini masih di lokasi longsor untuk mencari korban yang masih tertimbun longsor. Kita berharap warga yang dekat dengan lokasi longsor mau direlokasi yang kebetulan sudah ratusan orang diungsikan ke tempat aman,” katanya. @yas

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Maruba dan 3 Anggota Keluarganya Diduga Tertimbun Longsor Cimanggung

Ming Jan 10 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Dari puluhan warga yang diduga masih tertimbun longsor di Kampung Geulis RT 01/10 Desa Cihanjuang, Kec. Cimanggung, Kecamatan Sumedang, Jawa Barat, di antaranya Kel Maruba Sihombing (65). Maruba bersama istrinya R. Tambubolon(60) dan dua cucunya adik kakak, yakni Abraham (7) dan Tasya (9) diduga kuat masih tertimbun […]