Gending Pusaka Putra Wakili Kota Bandung di Binojakrama Padalangan Tingkat Jawa Barat

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Sore itu terdengar lantunan musik gamelan di Lingkung Seni Gending Pusaka Putra yang didalangi oleh Ki Asep Aceng Amung. Mereka berlatih mempersiapkan lomba Binojakrama Padalangan Wayang di tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Grup Padalangan dengan nama Gending Pusaka Putra yang didalangi oleh Ki Asep Aceng Amung ini menjadi perwakilan Kota Bandung di Binojakrama Padalangan tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023.

“Saat ini kita sedang berlatih persiapan Binojakrama Padalangan Wayang tingkat Provinsi,” kata Asep Aceng Amung kepada tim Humas Kota Bandung.

Saat ditemui Humas Bandung, Asep menjelaskan perjalanan grup padalangannya bisa menjadi perwakilan Kota Bandung.

“Kita menjadi perwakilan Kota Bandung bukan semata-mata beruntung tetapi dengan usaha. Karena sebelumnya pada tahun 2022 telah menjadi juara di tingkat Kota Bandung,” jelasnya.

Sebelumnya, pada tahun 2014 Grup Padalangan Gending Pusaka Putra pernah menorehkan prestasi sebagai runner up di tingkat Provinsi Jawa Barat dan Juara 1 di tingat Kota Bandung.

Menghadapi Binojakrama Padalangan Wayang tingkat Jabar, Asep mengaku berlatih di setiap akhir pekan.

“Kita melakukan persiapan hampir setiap akhir pekan. Dari Jumat, Sabtu sampai Minggu,” jelasnya.

Untuk itu, Asep Aceng Amung mengajak masyarakat Kota Bandung untuk menyaksikan Binojakrama Padalangan Wayang di Komplek Gedung Budaya Soreang, Kabupaten Bandung pada 27-28 November 2023.

Asep juga berpesan kepada generasi Z dan Milenial, menjaga dan melestarikan budaya pawayangan dan seni budaya lainnya, karena semua itu adalah identitas masyarakat Indonesia.

@uli

Baca Juga :  Maraknya Peredaran Rokok Ilegal, Pemkab Sleman Adakan Sosialisasi Cukai Rokok Lewat Budaya dan Olahraga

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Se-kat Galleri akan Pamerkan Hasil Karya Anak-anak Peserta Lomba Komik Strip Solidaritas untuk Palestina

Sen Nov 27 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | CIREBON – Galleri Se-Kat bekerja sama dengan Baraja Coffee, akan mengelar lomba membuat Komik Strip, untuk siswa SD se-kabupaten dan kota Cirebon. Penyelenggaraan lomba ini, dalam rangka membangun solidaritas kepedulian dari siswa didik tingkat dasar (SD) kepada Bangsa Palestina. Seperti kita tahu saat ini Palestina sedang dijajah […]