Gibran : Dana APBD Cekak Rehabilitasi RTLH Terbatas. Ini Upaya Pemkot Solo

Editor Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bersama Danrem 074 dan Dandim 0735 Surakarta, meninjau rehabilitasi RTLH dan menyapa warga penghuni Rulani di Kampung Pringgading. /visi.news/tok suwarto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOLO – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan, akibat keterbatasan dana APBD Pemkot Solo cekak, kuota anggaran untuk rehabilitasi hunian warga yang termasuk kategori rumah tidak layak huni (RTLH) juga terbatas.

Dalam upaya mengatasi keterbatasan tersebut, Pemkot Solo menggandeng berbagai pihak, di antaranya dengan TNI, perbankan seperti Bank Jateng, dan CSR perusahaan untuk biaya rehabilitasi agar di Kota Solo tidak ada RTLH.

“Pemkot Solo harus berkolaborasi, seperti dengan TNI, Kalau nunggu kuota per tahun, ya nggak habis-habis. Makanya, kita intervensi dengan melibatkan pihak lain, meskipun dengan lahan yang terbatas. Yang penting, rumah sudah berkeramik dan tidak boco. Itu saja,” ujar Gibran, ketika menghadiri penyerahan RTLH yang direhabilitasi TNI AD di rumah Pramono Santu, kampung Pringgading RT 04 RW 09, Kelurahan Setabelan, Jumat (21/1/2022).

Seusai menyerahkan penyerahan RTLH yang telah direhabilitasi menjadi rumaj layak huni (Rulani) kepada penerima manfaat bersama Danrem 074 Warastratama, Kolonel Inf. Rudy Saladin dan Dandim 0735 Surakarta, Letkol Infantri Devy Kristiono, Gibran meninjau 12 unit Rulani lain di kampung Pringgading.

Di tengah peninjauan, wali kota Solo menyapa warga penghuni Rulani dan bertanya untuk memastikan rumah para penghuni Rulani yang telah direhabilitasi dalam kondisi baik, rumah mereka tidak bocor serta tidak kebanjiran.
“Masyarakat yang rumahnya belum layak, akan kita usahakan bisa kita bantu. Apalagi RTLH yang bocor dan lantainya masih tanah.” jelasnya.

Gibran Rakabuming berharap, bantuan dari TNI AD Kodim 0735 Surakarta yang melakukan rehabilitasi RTLH, dapat dimanfaatkan sebaik mungkin bagi warga Kota Solo, sehingga dalam keterbatasan kuota RTLH para penerima manfaat mendapatkan Rulani.

Baca Juga :  Unit usaha Validus di Indonesia Batumbu Raih Izin dari OJK 

Di Kampung Pringgading kawasan sisi belakang Istana Mangkunegaran yang padat penduduk tersebut, sebelumnya juga dibangun rumah deret berlantai 2. Pembangunan dilakukan setelah warga yang menghuni lahan milik Istana Mangkunegaran, mendapatkan hak hibah dari Mangkunegaran dan telah bersertifikat.

Saat berdialog dengan warga penghuni RTLH yang rumahnya dirahabilitasi dan penghuni Rulani, Gibran juga menanyakan status tanah apakah juga sudah bersertifikat.@tok

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Bawas MA Datangi PN Surabaya, Hakim Itong Dinonaktifkan

Sab Jan 22 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan tersangka terhadap hakim Itong Isnaeni Hidayat dan panitera pengganti Mohammad Hamdan dari Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Keduanya bakal segera dinonaktifkan karena diduga terlibat tindak pidana korupsi. “Biasanya hal-hal yang terjadi pelanggaran hukum yang berat seperti ini, MA (Mahkamah Agung) […]