Gibran Kebut Kerja Bertemu Menhub Bahas Terminal Tirtonadi dan Palang Joglo

Editor Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, mendampingi Menhub Budi Karya Sumadi, meninjau pengembangan Terminal Tirtonadi./visi.news/tok suwarto.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pasangan Wali Kota Solo,
Gibran Rakabuming Raka – Teguh Prakosa, yang baru beberapa hari dilantik Gubernur Jateng, memenuhi janji untuk ngebut kerja pada hari libur Sabtu dan Minggu.

Setelah pada Sabtu (27/2/2021) mengawali kerja dengan memantau pelaksanaan vaksinasi bagi pedagang pasar tradisional di Pasar Gede dan Pasar Klewer, serta mengunjungi vaksinasi bagi anggota Polri di Polresta Surakarta.

Kegiatan Gibran bersama Teguh, pada Minggu (28/2/2021) siang, menerima kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerja ke Kota Solo dan Yogyakarta.

Di Kota Solo, Menhub bersama jajaran Kemenhub dan didampingi wali kota dan wakil wali kota, mengunjungi proyek pengembangan Terminal Tirtonadi, ke Stasiun Solo Balapan dan melihat kondisi perlintasan sebidang KA di kawasan Palang Joglo yang merupakan simpul kemacetan lalu lintas dan rawan kecelakaan.

Dalam kunjungan tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi menggelar pertemuan tertutup dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membahas kelanjutan penataan Terminal Tirtonadi, terutama untuk pembangunan kawasan terminal di lantai 2.

Selain itu, wali kota Solo bersama Menhub juga membahas masalah kemacetan di perlintasan sebidang, sekaligus mengusulkan solusi untuk mengurai kemacetan di perlintasan sebidang Palang Joglo menjadi perhatian utama Pemkot Solo.

Seusai rapat, Gibran bersama rombongan Menhub meninjau pengembangan Terminal Tirtonadi do lantai 2, yang sebagian sudah dimanfaatkan sebagai sport center dan telah digunakan untuk tempat latihan olahraga tinju dan olahraga beladiri Tarung Drajat yang sudah berjalan reguler.

“Kita melihat, ada potensi yang luar biasa di Terminal Tirtonadi. Ada public hall, sport center, food court, dan lain-lain. Tirtonadi sudah terhubung dengan Stasiun Balapan. Kami ingin kerja sama pusat dan daerah berjalan baik. Ini bisa menjadi contoh bagi kota-kota lain, untuk membangun terminal sebagai pusat kegiatan,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Baca Juga :  Sehari, Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Garut Bertambah Sembilan Orang

Menanggapi pengembangan Terminal Tirtonadi, Gibran mengungkapkan, rencana pembangunan di lantai 2 Terminal Tirtonadi akan dikembangkan menjadi pusat kegiatan yang terintegrasi.

“Saya titip ke Pak Menteri, agar kondisi perlintasan Palang Joglo langsung ditinjau. Karena, masyarakat mengeluh sudah lama sekali kawasan itu menjadi simpul macet,” kaya Gibran.

Di depan Menhub, wali kota Solo berharap, setelah kunjungan kerja tersebut Kemenhub dapat segera merealisasikan penataan Terminal Tirtonadi, khususnya di lantai 2, serta pembangunan fasilitas untuk mengatasi masalah di Palang Joglo. @tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

RUMAH ALLAH: Syarat Masjid di Indonesia Jadi Objek Wisata Dunia

Sen Mar 1 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) menyampaikan bahwa Indonesia banyak memiliki masjid bersejarah yang berpotensi menjadi objek wisata. Meski kuantitasnya banyak, namun sayangnya kualitas masjid dari segi infrastruktur dan pengelolaannya belum memadai untuk jadi objek wisata kelas dunia. Chairman of ITTCF, Priyadi Abadi menyampaikan, Indonesia punya banyak […]