GOPAC Tetap Konsisten Promosikan Antikorupsi

Editor Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon memimpin rapat virtual Komite Eksekutif GOPAC, Selasa (14/7/2020) malam di Jakarta./dpr.go.id
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC) kembali ingin menegaskan dirinya untuk selalu konsisten mempromosikan gerakan antikorupsi kepada dunia. Gerakan ini terus berjalan meski di tengah pandemi Covid-19.

Demikian mengemuka saat Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon memimpin rapat virtual Komite Eksekutif GOPAC, Selasa (14/7/2020) malam di Jakarta. Fadli sendiri adalah Wakil Ketua GOPAC. Rapat tersebut membahas rencana aktivitas GOPAC tahun 2020.

GOPAC yang merupakan satu-satunya organisasi parlemen dengan tujuan tunggal memberantas korupsi di seluruh dunia, berkomitmen secara aktif mempromosikan dan memperkuat peran parlemen mengambil tindakan terukur melalui berbagai program dalam gerakan global anti-korupsi.

Dalam keterangan pers yamg diterima Parlementaria, Fadli mengapresiasi semangat dan komitmen para anggota Komite Eksekutif yang terus berjuang bersama memberantas korupsi meski di tengah situasi pandemi corona. Diharapkan ke depan GOPAC mampu meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan organisasi-organisasi internasional lainnya dalam memberantas korupsi.

Sebagai anggota dari United Nations Economic and Social Council (UN-ECOSOC), GOPAC akan secara aktif mengawal dan berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan sesi khusus anti-korupsi dalam sidang umum PBB (UN Special Session of The General Assembly Against Corruption) yang akan dilaksanakan pada 26-28 April 2021.

Fadli juga mendorong anggota GOPAC melalui chapter nasional maupun regional, memberikan pernyataan mengenai kesuksesan inisiasi anti-korupsi yang dibentuk oleh parlemen-parlemen negara anggota GOPAC. GOPAC juga akan berpartisipasi dalam 19th Internasional Anti-Corruption Conference (IACC) yang dijadwalkan terselenggara pada 1-4 Desember di Busan, Korea Selatan.

IACC merupakan forum utama global untuk menyatukan kepala negara, masyarakat sipil, swasta, dan stakeholder lainnya untuk mengatasi tantangan yang semakin canggih yang ditimbulkan oleh korupsi. GOPAC secara rutin mengadakan sesi khusus dalam kegiatan IACC dengan mengangkat isu anti-korupsi dalam persepsi dunia parlemen.

Baca Juga :  Bapenda Sudah Kumpulkan Anggaran Rp 17 Miliar dari Sektor Pajak 2

Rapat Komite Eksekutif GOPAC ini juga dihadiri oleh Ketua GOPAC H.E. Ahmad bin Zaid Al Mahmoud (Ketua Shura Council Qatar), Wakil Ketua GOPAC H.E. Justin Muturi (Ketua Parlemen Kenya), Wakil GOPAC Dr. Carlos Alberto Perez Cuevas (Mexico), Sekretaris GOPAC John Hyde (Australia), Bendahara GOPAC Mary King (Trinidad and Tobago), dan Member-at-Large. @mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Klasemen Liga Inggris Usai Arsenal Bungkam Liverpool

Kam Jul 16 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Arsenal berhasil menaklukkan Liverpool dengan skor 2-1, Kamis (16/7) dini hari WIB. Kekalahan dari Arsenal membuat Liverpool dipastikan gagal memecahkan rekor 100 poin Liga Inggris milik Manchester City. Poin maksimal yang bisa mereka peroleh adalah 99 poin andai memenangkan dua laga tersisa. Sementara itu bagi Arsenal, kemenangan membuat mereka kini […]