Grup Calung Galecox, Pukau Penonton GEWB

Editor :
Lingkung Seni Galecox Sawargi Putra saat tampil menghibur pengunjung GEWB, Selasa (21/7) malam./visi.news/apih igun.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Meski sempat diguyur hujan, area Gebyar Expo Wisata Budaya (GEWB) masih tetap dikunjungi masyarakat. Padahal area tersebut juga becek karena hujan membasahi lahan hingga beberapa saat.

Salah satu pengisi acara hiburan, grup calung Lingkung Seni Galecox Sawargi Putra terlihat masih semangat menampilkan kepiawaiannya bermain alat musik bambu tersebut.

Dengan mengenakan pakaian warna putih, grup yang dipimpin Iyan Jayana ini, menyuguhkan mayoritas lagu calung terpopuler. Bahkan lawakannya yang khas sempat membuat penonton enggan beranjak dari area panggung.

“Kami senang masih ada sejumlah urang Sunda yang bertahan ngamumule seni Sunda. Bahkan dengan adanya GEWB bisa kembali menggairahkan seni dan budaya Sunda. Untuk itu, semoga ada desa lain yang sama dengan Desa Cilame yang mampu menggelar kegiatan serupa. Tentu dengan tujuan memberikan semangat agar seni Sunda terus dipelihara dan dilestarikan,” kata Irawan, owners rumah makan Bale Bambu, Selasa (21/7).

Kades Cilame Alo Sobirin memberikan sambutan di acara GEWB./visi.news/apih igun.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Desa Cilame Alo Sobirin, penanggung jawab acara GEWB. Dia mengaku meski dengan anggaran seadanya, panitia terus berupaya menampilkan sejumlah kesenian tradisional. Selain calung, ada reog, pencaksikat, jaipong, upacara adar Sunda, kacapi suling dan pop Sunda elektun.

“Ini sengaja kami tampilkan karena inilah kebanggaan kami agar masyarakat juga merasa memiliki kesenian warisan leluhur bangsa. Tugas kami adalah menjaga, melestarikan, dan mengembangkan seni Sunda agar tetap dicintai,” tuturnya.

Berikut para personel LS. Galecox Sawargi Putra, calung 1 Iwan, calung 2 Darsono, cakung 3 Amat, Calung 4 Ibel. Lawak Ajat Cipeuw. Para nayaga Gopur, Ocang Iyong, Usep Branyay, dan Uju. Alamat sanggar, Kampung Dukuh RT 4/RW 3 Desa Sukamulya, Kec. Kutawaringin, Kab. Bandung. @pih

Baca Juga :  Penusukan Syekh Ali Jaber, MUI Minta Polisi Tak Percaya Tudingan Pelaku Gila

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sambut HUT ke-20 IAD Garut Bantu Siswa Berprestasi

Rab Jul 22 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Sejumlah siswa berprestasi di Garut mendapatkan bantuan dari Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut. Bantuan diberikan pada acara resepsi HUT ke-20 IAD tingkat Kabupaten Garut yang digelar secara sederhana, di Aula Kejari Garut, Jawa Barat, Selasa (21/7). Ketua IAD Kejari Garut, Ayun Ratna Setiowardani, menyebutkan […]