Gugatan Penundaan Revitalisasi Pasar Ditolak PTUN, Forum Peduli Pedagang Desak Pemkab Bandung Segera Bangun Pasar

Editor Revitalisasi Pasar Banjaran. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANJARAN – Sejumlah pedagang Pasar Banjaran mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk segera melakukan aktivitas pembangunan setelah adanya putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung yang menolak permohonan penundaan yang diajukan para penggugat.

Dalam Perkara No. 37/G/2023/PTUN.BDG pada Kamis, 13 Juli 2023 itu beredar amar putusannya menyebutkan ‘Menolak eksepsi tergugat dan tergugat II intervensi untuk seluruhnya’, dalam penundaan: Menolak permohonan penundaan yang diajukan oleh para penggugat dalam pokok perkara: 1. Menolak gugatan para penggugat untuk seluruhnya, 2. Menghukum para penggugat untuk membayar biaya perkara sebesar Rp. 1.372.000.

“Betul, memang putusannya demikian nanti bisa dilihat di e-court,” ujar Arif, S.H., kuasa hukum Pemkab Bandung.

Revitalisasi Pasar Banjaran. /visi.news/ist

Putusan tersebut disambut para pedagang yang mayoritas mendukung Revitalisasi Pasar Banjaran.

“Dengan adanya putusan tersebut kami mendesak Pemkab Bandung untuk segera menyelesaikan pembangunan Pasar Banjaran, karena pedagang sudah lama terkatung-katung dan mayoritas warga Banjaran, lebih khusus pedagang ingin segara menempati Pasar Baru Banjaran dan bisa berjualan secara normal, ” ungkap Ketua Forum Peduli Pedagang Pasar Banjaran Asep Anwar kepada VISI.NEWS, Kamis (13/7/2023).

Asep sangat yakin pemerintah tidak akan merugikan warganya sendiri, justru Revitalisasi Pasar Banjaran ini untuk kebaikan para pedagang pasar dan masyarakat umumnya yang menghendaki kota Kecamatan Banjaran lebih tertata.

Pedagang lainnya Eno Daging juga merasa sangat rugi dengan tertunda-tundanya revitalisasi pasar. “Waktu semua pedagang menempati TPBS, jualan saya sehari bisa tiga sampai lima kuintal. Sekarang, dengan kurang tegasnya Pemkab Bandung, pedagang jadi berceceran lagi, sehingga jualan tidak sampai satu kuintal sehari,” ujar pedagang daging ayam ini.

Keduanya pun mengajak saudara-saudaranya pedagang lainnya untuk segera bersikap sesuai dengan rencana pemerintah. “Saya mengajak saudara-saudara saya yang lainnya untuk segera bersikap seperti mayoritas pedagang. Karena menghambat rencana pemerintah, sangat merugikan pedagang lainnya,” ungkap Eno.

Baca Juga :  Stok Darah PMI Cimahi: Kondisi Baik, Masyarakat Diimbau untuk Terus Mendonorkan Darah

Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Dicky Anugrah ketika diminta tanggapannya atas amar putusan PTUN tersebut mengatakan setelah adanya amat putusan tersebut pihak Disdagin akan bersama mitranya akan melanjutkan tahapan berikutnya. “Akan diawali dengan relokasi seluruh pedagang ke TPBS yang telah disediakan dan selanjutnya akan dilakukan pemutusan aliran listrik,” tegasnya.

Inventaris Akun Medsos

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Bandung H. Yosep Nugraha, S.H., M.I.P., mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menginventarisasi akun-akun yang menyebarkan hoaks Pasar Banjaran. “Kami punya teknologi yang bisa menginventarisasi akun-akun hoaks, sekali pun mereka menggunakan akun palsu. Untuk itu, kami peringatkan kalau akun-akun ini terus menyebar hoaks, tentu kami akan melakukan tindakan sesuai dengan UU ITE, ” ujarnya.

Yosep menambahkan, kisruhnya Pasar Banjaran karena diwarnai oleh penyebaran hoaks, sementara para pedagang sendiri terbatas kemampuannya untuk mendapatkan informasi yang sebenarnya. “Kasihan ke para pedagang, mereka bisa terus-terusan termakan hoaks,” pungkas Yosep.

@mpa/asa/gvr

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Penyedia Layanan "TrustTech" Gogolook Berhasil Gelar IPO di Taiwan

Kam Jul 13 , 2023
Silahkan bagikan Perusahaan “anti-fraud” AI terkemuka di Asia Pasifik ini ingin mempercepat ekspansi di luar negeri dan inovasi agar berkembang pesat di industri.  VISI.NEWS | TAIPEI – Penyedia layanan TrustTech Gogolook hari ini berhasil melakukan pencatatan saham perdana (IPO) di Taiwan Innovation Board (TIB), Bursa Efek Taiwan (Taiwan Stock Exchange/TWSE), […]