Habieb Luthfi bin Yahya: Doa-doa Mustajab yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

Editor Ketua Umum Majelis Sufi Dunia Habib Lutfi bin Ali bin Yahya yang juga Rais Aam Jami'iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyyah (Jatman). /visi.news/nu.or.id
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Habib Luthfi bin Yahya, seorang ulama, kiai, dan mursyid yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia, mengajarkan beberapa doa-doa mustajab yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam. Doa-doa mustajab adalah doa-doa yang memiliki peluang besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Dalam sebuah ceramah yang disampaikan di Pondok Pesantren Bani Malik, Purwokerto, Habib Luthfi bin Yahya mengatakan bahwa doa-doa mustajab yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah doa-doa yang sesuai dengan ajaran Al-Quran dan Sunnah, serta mengandung makna yang mendalam dan menyentuh hati.

“Salah satu doa mustajab yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah doa yang dibaca ketika menghadapi kesulitan atau kesusahan. Doa ini adalah doa Nabi Yunus AS ketika berada di dalam perut ikan paus. Doa ini berbunyi:

لَآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحَانَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ

Lā ilāha illā anta subḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn (a).

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim. (QS Al-Anbiya: 87)”

Habib Luthfi bin Yahya menjelaskan bahwa doa ini mengandung pengakuan atas keesaan Allah SWT, pujian atas kesempurnaan-Nya, dan pengakuan atas kesalahan diri sendiri. Doa ini juga menunjukkan kerendahan hati dan kebutuhan kepada Allah SWT.

“Doa ini sangat mustajab, karena Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

فَاسْتَجَبْنَا لَهٗ وَنَجَّيْنٰهُ مِنَ الْغَمِّ ۗوَكَذٰلِكَ نُــــــــــــــنْجِي الْمُؤْمِنِيْنَ

Fastaǧabnā lahū wa naǧǧaināhu minal-ghammi, wa każālika nunjil-mu’minīn (a).

Artinya: Maka Kami kabulkan doanya dan Kami selamatkan dia dari kesusahan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman. (QS Al-Anbiya: 88)”

Habib Luthfi bin Yahya menambahkan bahwa doa ini juga termasuk doa yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW, karena beliau bersabda:

Baca Juga :  Kader PDIP Surabaya Konvoi, Bawaslu Sebut Bukan Pelanggaran

“Tiada seorang hamba yang berdoa dengan doa Nabi Yunus AS, melainkan Allah akan mengabulkan doanya.” (HR. Tirmidzi)

Selain doa Nabi Yunus AS, Habib Luthfi bin Yahya juga mengajarkan doa-doa mustajab lainnya yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, seperti doa mohon kebaikan dunia dan akhirat, doa mohon keteguhan iman, doa mohon perlindungan, dan doa penarik rezeki.

Doa-doa mustajab ini, menurut Habib Luthfi bin Yahya, harus dibaca dengan penuh keikhlasan, keyakinan, dan harapan kepada Allah SWT. Habib Luthfi bin Yahya juga mengingatkan agar umat Islam tidak lupa untuk bersyukur atas segala nikmat yang Allah SWT berikan, dan berusaha untuk menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

“Semoga dengan membaca doa-doa mustajab ini, kita mendapatkan keberkahan, kemudahan, dan keselamatan dari Allah SWT, baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.”

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ini Khasiat Baca Salawat Nariah 100 Kali Setiap Hari

Kam Des 21 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Salawat Nariah adalah salah satu jenis salawat yang sering diamalkan oleh umat Islam. Salawat ini disusun oleh Syekh Nariah, seorang ulama dan sahabat Nabi Muhammad SAW. Salawat ini memiliki banyak keutamaan dan khasiat, terutama bagi yang membacanya dengan rutin dan penuh keikhlasan. Salah satu manfaat […]